GELAR SENI BUDAYA-Wadah Pembinaan, Persahabatan, dan Memupuk Rasa Kebersamaan

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng) melalui UPT Taman Budaya Kalteng secara rutin menggelar kegiatan Gelar Seni Budaya. Agena seni budaya yang dilaksanakan ini dapat disaksikan secara streaming melalui chanel youtube Taman Budaya Kalteng, dan Facebook Taman Budaya Kalteng. Juga dapat disaksikan secara luring.

Kepala UPT Taman Budaya Kalteng Suraji, mengatakan, Gelar Seni Budaya kali ini diikuti oleh sejumlah sanggar seni. Yakni Sanggar “Antang Batuah”, Sanggar “RUKMI”, Sanggar “Antang Pasihai”, Sanggar Seni Tari Kolaborasi “Gandrung Selendang Wangi”, dan Sanggar “Manguntur Janang”. Apa yang dilakukan para pelaku seni melalui sejumlah penampilan ini merupakan program pengembangan kebudayaan kegiatan pengelolaan kebudayaan.

“Kegiatan Ini diselenggarakan dengan maksud sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan Kebudayaan melalui edukasi dan memberi ajang akulturasi budaya dari berbagai macam suku dan agama. Gelar Seni Budaya Ini, kiranya dapat memudahkan pembinaan persahabatan dan memupuk rasa kebersamaan diantara para pelaku seni budaya,” kata Suraji, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Gelar Seni Budaya, Jumat (26/11) di UPT Taman Budaya Kalteng.

Suraji melanjutkan, kegiatan yang secara rutin dilaksanakan UPT Taman Budaya Kalteng ini juga untuk bersinergi, dan bersama-sama memajukan seni budaya di Kalteng. Kegiatan ini bertujuan media edukasi dalam rangka mengembangkan potensi diri. Pemulihan roda perekonomian daerah khususnya di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif.

Sasarannya sendiri, lanjut Suraji, termanfaatkannya tempat atau bengkel kreativitas olah seni budaya sesuai dengan kearifan lokal. Terwujudnya rasa maupun kebersamaan terhadap pegiat seni budaya yang ada di Kalteng. Semoga, apa yang dilakukan pemerintah ini dapat memotivasi para pelaku seni dan budaya yang ada di Kalteng untuk terus tumbuh, maju, dan berkembang.ded

Teks Foto

Tabengan/Dedy

Seni Budaya – Penampilan salah satu sanggar seni budaya yang tampil pada kegiatan Gelar Seni Budaya Kalteng Tahun 2021, yang dilaksanakan oleh UPT Taman Budaya Kalteng, mmapu menghibur seluruh penonton yang hadir, Jumat (26/11) di Palangka Raya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *