Banjir Surut, Jalan Rusak 3 Km

  • Bagikan
ISTIMEWA SURUT TAPI BERBAHAYA  - Kondisi banjir di Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya di Desa Penda Barania, Jalan Trans Kalimantan, Palangka Raya-Kuala Kurun

PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Kondisi banjir di Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya di Desa Penda Barania, Jalan Trans Kalimantan, Palangka Raya-Kuala Kurun, 0 (nol) cm berdasarkan tiang pengukur. Meskipun air surut, tetap harus hati-hati karena banyak jalan yang rusak.

Kapolsek Kahayan Tengah Iptu Nurheriyanto SH MSi melalui Wakapolsek Ipda Agus Basuki, Jumat (26/11), mengatakan, debit banjir sekarang sudah nol cm, tapi pasca-banjir malah menimbulkan kerusakan jalan yang sangat parah.

Sementara kondisi arus lalu lintas, kata Agus, berjalan aman, tertib dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Namun, dengan kerusakan jalan yang cukup parah ini, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintasi kawasan pasca-banjir tersebut.

“Sebab, cukup banyak lubang yang cukup dalam dan tergenang air banjir,” ujar Agus.

Untuk itu, sambung Agus, pihaknya sudah mengoordinasikan dengan pihak terkait agar bisa melakukan penimbunan di area jalan-jalan yang rusak akibat banjir.

“Kita harapkan agar jalan-jalan yang rusak itu besok sudah bisa ditimbun. Memang masih ada sisa-sisa banjir sekitar 50 meter, tetapi bisa dilewati dengan lancar,” terangnya.

Senada, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulpis H Salahudin menambahkan, pihaknya terus melakukan pemantauan ketinggian debit air. Jumat pagi, sudah berada di 0 cm pada tiang pengukur.

“Untuk hari ini panjang jalan yang terendam sekitar lebih kurang 400 meter dan jalan yang rusak mencapai lebih kurang 3 km. Kendaraan roda 2 dan roda 4 sudah dapat melalui genangan air. Sedangkan lalu lintas sudah berangsur-angsur normal,” ujar Salahudin.

Dengan sudah surutnya banjir di Jalan Bukit Rawi, BPBD Pulpis tetap mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati  saat melintas, mengingat banyak lubang yang cukup dalam di sisi kiri dan kanan badan jalan.
Personel yang bertugas, lanjut Salahudin, Polri, TNI, BPBD, Dinsos, Dishub, Satpol PP, Dinkes, BPK Semangat Baru Kuala Kapuas, BPK Surya Darma Pulang Pisau, dan Orari Pulang Pisau. c-mye

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *