‘Kuburan’ Sabu Terendus Polisi, Acung Dihukum 9 Tahun

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Herdi alias Acung gagal mendapatkan keuntungan dari rencana penjualan narkotika jenis sabu yang dimilikinya. Meski sudah berupaya mengubur 29,41 gram sabu di pekarangan rumah, polisi yang menggerebek Acung tetap dapat menemukannya.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Herdi alias Acung dengan pidana penjara selama 9 tahun dan denda sebesar Rp1 miliar subsider 3 bulan penjara,” kata Hakim Ketua Majelis dalam sidang Pengadilan Negeri Palangka Raya, Senin (22/11/2021).

Dalam persidangan sebelumnya, Acung sudah dua kali bertransaksi sabu dengan Untung dan mendapat keuntungan cukup besar sehingga hendak mengulangi bisnis haram tersebut. Biasanya Acung membayar lunas apabila sabu yang dia beli dari Untung telah habis terjual.

Pada transaksi terakhir, keduanya sepakat untuk melakukan jual beli 6 paket sabu senilai Rp48 juta, Selasa (25/5). Acung kemudian berangkat dari rumahnya di Jalan Tijilik Riwut Km 87 Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur menggunakan travel menuju Kota Sampit.

Sesampainya di lokasi, Acung menghubungi Untung untuk menanyakan mekanisme transaksi. Atas petunjuk Untung, Acung meletakkan uang pembayaran paket shabu dari transaksi sebelumnya sebesar Rp56 juta di sekitar pinggir Jalan Tjilik Riwut Km 8 dekat SPBU. Pada lokasi tersebut, Acung juga mengambil sebungkus plastik berisi 6 paket sabu kemudian membawanya pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, Acung menyimpan paket sabu tersebut ke dalam sebuah botol kaleng yang dilapisi lagi dengan bundelan tisu dan masker kain kemudian dia kuburkan di tanah pekarangan rumahnya.

Tapi rupanya Tim Ditresnarkoba Polda Kalteng mendapat informasi adanya transaksi sabu tersebut kemudian menggerebek Acung di rumahnya, Kamis (27/5). Setelah mencari barang bukti, mereka mendapati shabu yang dikuburkan Acung di halaman rumah. Acung dan barang bukti lalu dibawa menuju Polda Kalteng untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pada persidangan, Acung terbukti memenuhi unsur pidana dalam Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009  tentang Narkotika. Meski Acung sudah menjalani hukuman, Untung selaku bandar sabu tidak berhasil ditangkap dan masih dicari oleh pihak kepolisian. dre

Penulis: AndreEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *