Banjir Ganggu Distribusi Demand dan Supply

  • Bagikan
Pengamat Ekonomi Kalteng, Fitria Husnatarina

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Putusnya akses jalan akibat musibah banjir yang melanda berbagai wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah, dikhawatirkan mengganggu perekonomian.

Hal tersebut turut menarik perhatian Pengamat Ekonomi Kalteng, Fitria Husnatarina. Disebutkannya, dampak banjir kali ini sangat luar biasa, terutama mengancam kelancaran distribusi barang dan jasa.

Ia khawatir proses distribusi yang terhambat akan memunculkan kelangkaan barang dan berpengaruh pada harga barang melonjak tinggi.

“Terputusnya alur distribusi dalam jangka waktu lama akan memunculkan terganggunya stabilitas demand dan supply,” bebernya, baru-baru ini.

Selanjutnya, Dosen FE UPR tersebut mengatakan langkah yang harus dilakukan, harus dibagi 2 hal. Yakni melakukan langkah praktis dalam konteks urgensi dan langkah strategis untuk jangka panjang.

Langkah praktis, bagaimana pemangku kepentingan mempercepat pembangunan akses distribusi berupa jalan layang. Beberapa opsi strategis memang bisa dikerjakan baik dengan adanya intervensi maupun tanpa ada intervensi.

“Tapi dalam kondisi saat ini dan menjaga keberlanjutan proses distribusi memamg prioritas terurgensi adalah menyediakan jalan alternatif (jalan layang tadi). Kemudian langkah dalam jangka panjang adalah bagaimana antisipasi saat bencana berulang seperti ini, harus ditemukan cause root nya,” imbuh Fitria.dsn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *