Resepsionis Hotel Royal Global dan Hotel Grand Global Jadi Terdakwa  

  • Bagikan
ILUSTRASI/NET

*Gelapkan Pembayaran Kamar Konsumen

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Jhon Tomas selaku Resepsionis Hotel Royal Global dan Hotel Grand Global, menjadi terdakwa perkara penggelapan dalam sidang Pengadilan Negeri Palangka Raya, Selasa (16/11). Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Jhon menggunakan uang pembayaran even konsumen di hotel untuk kepentingan pribadi. “Berdasarkan Hasil Audit Investigasi Accounting, perbuatan Terdakwa (Jhon Thomas) mengakibatkan Grup Global Hotel mengalami kerugian materiil sebesar Rp266.414.901,” ujar JPU.

Perkara tersebut terungkap saat bagian Accounting Group Global Hotel melakukan rekapan keuangan di Hotel Royal Global dan Hotel Grand Global, Senin (16/8). Mereka mendapati pendapatan hotel hari Senin (15/8)  belum disetorkan ke rekening masing-masing Hotel Royal Global dan Hotel Grand Global. Saat penelusuran lebih lanjut ternyata lebih banyak lagi pendapatan hotel lainnya yang juga belum tersetor.

Bagian accounting mengkonfirmasi kepada Paulus Apriantoni selaku supervisor di Hotel Royal Global dan Hotel Grand Global yang tugas pokoknya adalah mengatur operasional hotel maupun tugas lainnya, sesuai perintah pemilik dan juga melakukan konfirmasi kepada Jhon selaku resepsionis yang bertanggung jawab untuk memegang uang setoran kedua hotel tersebut.

Auditor kemudian melakukan audit investigasi terhadap nota-nota Hotel Royal Global dan Hotel Grand Global dengan hasil audit yang menyatakan terdapat uang yang telah diterima Jhon dari pelanggan, namun tidak disetorkan ke rekening hotel. Jhon mengakui ada mengambil uang pemasukkan Grup Global Hotel secara bertahap sejak bulan November sampai dengan bulan Juli 2021 dengan rentang nilai antara Rp20.000 hingga Rp500.000, yang dia pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam sidang, JPU menjerat Jhon dengan ancaman pidana sebagaimana dalam Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan.  dre

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *