Kabupaten Pulpis Aman, 2 Bulan Nihil Kasus Covid-19

  • Bagikan
Direktur BLUD RSUD Pulpis dr Muliyanto Budihardjo

PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Sejak 2 bulan terakhir Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah, dinyatakan nihil kasus Covid-19, baik yang positif ataupun dirawat. Bahkan, tim medis yang dimaksimalkan melakukan pengawasan di semua wilayah PPKM dan Puskesmas se-Pulpis, hasil yang didapat nol kasus, sehingga Pulpis dinyatakan aman dari kasus Covid-19.

Namun demikian, Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pulpis dr Muliyanto Budihardjo berharap, semua komponen masyarakat tidak terlena dengan kondisi aman tersebut. Justru tantangan untuk mempertahankan posisi terbaik se-Kalteng.

Upaya saat ini yang dilakukan adalah menggerakkan semua Puskesmas menyisir masyarakat untuk mengikuti vaksin serentak yang dilakukan oleh Puskesmas se-Pulpis agar masyarakat benar-benar terlindungi dari virus Corona.

“Kita ini terbaik se-Kalteng, sebab terbukti saat ini kita sudah dalam posisi nol kasus, baik itu penambahan pasien positif maupun perawatan. Posisi ini jangan membuat kita terlena, namun harus tetap waspada. Kita juga menggiatkan Puskesmas di seluruh wilayah Pulpis untuk menyasar masyarakat yang belum vaksin,” kata Muliyanto, Selasa (16/11/2021).

Dijelaskan, melalui pengumuman Bupati Pulpis agar masyarakat segera mendatangi Puskesmas di wilayah masing-masing terbukti angka capaian vaksin 50 persen kini menjadi 54 persen dalam seminggu terakhir. Bahkan, data capaian vaksin Kecamatan Kahayan Hilir sudah 75 persen.

“Saat ini Kecamatan Kahayan Hilir sudah pada posisi 75 persen, kita juga akan terus membantu pemerintah untuk capai 70 persen tingkat kabupaten, apalagi bupati telah menginstruksikan agar seluruh Puskesmas melaksanakan vaksin serentak,” ujar Camat Kahayan Hilir Osa Maliki.

Pekan ini saja, kata Camat, pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya yang digelar pada Jumat lalu, mengambil lokasi di Pasar Patanak, juga masih mendapat respons baik dari masyarakat. Ini adalah bentuk kesadaran masyarakat bersedia secara sadar melakukan vaksin. c-mye

 

 

Penulis: M Yakin Efendi Editor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.