Pemkab Pulpis Lakukan Kajian Cepat Dampak Karhutla

  • Bagikan
Rapat koordinasi dalam rangka kajian cepat penanggulangan karhutla di Pulpis. M YAKIN

PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Sekretaris Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Hendri Arroyo mengatakan, sebagai upaya membangun ketangguhan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), usaha tani dan kebun masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pulpis bekerja sama dengan kemitraan melakukan kajian cepat dampak karhutla guna mengetahui sejauh mana efek kerugian finansial dan ekonomi di sektor usaha berbasis lokal.

Hal itu, kata Hendri, Senin (15/11/2021), telah disampaikan pada saat memimpin Rapat Koordinasi di Aula Wakil Bupati Pulang Pisau, Jumat (12/11/2021) tadi.

Dikatakan Hendi, kerja sama dengan kemitraan ini bertujuan mendukung salah satu isu nasional yang menjadi perhatian Presiden RI, terkait penanggulangan bencana karhutla. Mengingat dampak asap yang ditimbulkan sangat mengganggu dan merugikan bagi kehidupan dan penghidupan.
“Dengan tersedianya dokumen kajian yang akan disusun ini,  dapat menjadi  informasi dan visual upaya pencegahan dan kesiapsiagaan, khususnya yang berhubungan dengan dampak kerugian akibat bencana karhutla. Baik dari sisi finansial, dampak ekonomi dan sosial, termasuk sebagai landasan pembuatan regulasinya,” ucap Hendri.

Integrasi  antar-SOPD, lanjut Hendri, sangat diharapkan untuk dukungan  informasi berupa ketersediaan data sekunder terkini, sehingga dapat dipertangungjawabkan. Mengingat tim yang dibentuk dalam kajian ini sangat bergantung pada keakuratan data.

“Selain melalui interview yang dilakukan di beberapa kecamatan dan desa, di Kabupaten Pulis dengan estimasi waktu pelaksanaan dan finishing kajian kurang lebih 2 bulan, yakni dari 30 Oktober hingga 17 November 2021 mendatang,” ” ujarnya.

Hendri menambahkan, selain dari SOPD terkait penanggulangan bencana, tim yang dibentuk ini untuk penyempurnaan kajian dan analisis ini juga melibatkan pihak akademisi dari Fakultas Pertanian UPR, Badan Statistik (BPS) Pulpis, kemitraan yang terdiri dari Expert Blunded Finance, Expert Fire Manajement, dan Deputy Cluster-SIAP/IFM Pulpis. c-mye

Penulis: M Yakin Efendi Editor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.