LESTARIKAN BUDAYA BAKUMPAI-Kerukukan Keluarga Bakumpai Gelar Rakerwil Se-Kalteng

TABENGAN/NOVAN LESTARIKAN  - Pengurus KKB Kalteng berfoto bersama disela berlangsungnya kegiatan Rakerwil, Sabtu (13/11).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Dalam rangka melahirkan program-program kegiatan atau kerja yang dapat mendukung peningkatan pembangunan daerah dan kemajuan organisasi. Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) se-Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) sekaligus melaksanakan kegiatan seminar, di Jalan Nyai Udang, Sabtu, (13/11).

Ketua KKB Provinsi Kalteng, Dr. H. Suriansyah Murhaini, SH, MH, saat dibincangi Tabengan disela berlangsungnya kegiatan menyampaikan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh para pengurus KKB yang ada di 13 Kabupaten dan 1 Kota, dengan mengusung tema Identitas, Etnisitas, dan Diaspora Masyarakat Dayak Bakumpai.

“Banyak kegiatan yang sudah kita laksanakan selama ini, seperti baru-baru ini kita mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengangkat budaya daerah yang sifatnya untuk mempertahakan budaya Bakumpai,” ucapnya.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya (FH-UPR) ini juga menjelaskan, keberadaan warga bakumpai sendiri saat ini tersebar ditiap-tiap daerah yang mana asal daerah sebelumnya berada di daerah marabahan Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Bahkan,  Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam badan tubuh organisasi KKB Provinsi Kalteng khususnya, beraneka ragam, mulai dari pedagang, pengajar, pengusaha, politisi dan pemerintahan.

“Kita selaku warga bakumpai, perlu saling mengenal satu, sama lainya. sehingga dengan demikian kita akan lebih mudah bersama-sama saling bahu-membahu dalam memberikan berkontribusi dan mendukung kemajuan pembangunan daerah,” ujarnya.

Disisi lain, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng Drs. H. Rojikinnor, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas eksistensi organisasi KKB Provinsi Kalimantan Tengah yang mampu memberikan warna tersendiri ditengah-tengah arus globalisasi seperti sekarang ini.

“Saya berharap kegiatan ini mampu membangun kebersamaan untuk saling membantu, saling menjaga, dan saling mengayomi seluruh keluarga besar bakumpai dimasing-masing wilayahnya, dan juga kepada seluruh masyarakat non bakumpai tapi untuk beragama muslim,” tandasnya.

Dirinya mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menyambut baik adanya Kegiatan Rakerwil dan Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh KKB Provinsi Kalimantan Tengah.

Disaat bersamaan,  Ketua KKP Pusat, Ketua KKB Pusat H. Yuni Abdi Nur Sulaiman, SE diwakili oleh Wakil Ketua, Hairuddinor S.Sos, MM mengharapkan, dengan keberadaan KKB ini dapat menjalin kekompakan, bekerjasama dalam kekeluargaan.

“Kedepannya KKB dapat membantu Pemerintah dalam mewujudkan kemajuan daerah pada khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya. melalui kegiatan Rakerwil ini akan melahirkan program-program yang mendukung arah kemajuan organisasi. yang lebih penting lagi, bagaimana program tersebut kedepanya dapat dijalankan oleh organisasi,” pungkasnya. nvd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.