Ulat Berkepala Ular di Pulang Pisau

  • Bagikan
ISTIMEWA VIRAL - Tampak Ulat Berkepala Ular yang memakan tanaman warga

PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Kejadian aneh dan langka, warga Jalan Tingang Menteng, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir ini tidak menyangka di kebun pembibitan bunga miliknya menemukan seekor ulat warna cokelat gelap berkepala ular, Minggu (14/11) pukul 16.00 WIB.

John Oktoberiman, pria pensiunan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulang Pisau ini mengatakan, peristiwa aneh ini baru ia lihat seumur hidupnya, apalagi jenis ulat ini berkepala ular.

“Aneh, ini baru saya lihat seumur hidup saya. Waktu itu, seperti biasa, saya ke pembibitan bunga dan kebetulan saya lihat tanaman bunga Agronema Siam Alura saya daun-daunnya habis dan gundul. Pas saya periksa ternyata ada yang memakannya, dan terkejutnya saya, melihat ulat itu tidak seperti ulat biasanya, berkepala ular!” ujar Jhon, menceritakan.

Menurut Jhon, jenis ulat ini cukup kuat memakan daun, sebab bunga miliknya itu habis gundul dan berkulit kasar. Yang cukup menyeramkan, kepala ulat itu sangat mirip kepala ular.

“Pas saya terkejut tadi, lalu saya panggil istri dan anak saya, mereka pun heran dan terkejut juga, masa ulat berkepala ular, aneh kan?” ujar Jhon.

Lebih lanjut Jhon mengatakan, karena binatang itu sangat unik dan langka, ia langsung merawat dan menyimpan di stoples, dengan memberikan daun-daunan.

“Saya simpan, dan bisa saja kalau mau melihat. Saya masukkan di stoples, sebab ini langka,” pungkasnya.

Sementara, dikutip dari berbagai sumber, hewan ini disebut Hemeroplanes, satu spesies ulat yang memang langka. Ia bisa berkamuflase yang membuat salah satu ujung tubuhnya berbentuk mirip kepala ular, lengkap dengan 2 pasang mata tipuan. Hemeroplanes berkamuflase ketika merasa dirinya terancam bahaya. c-mye

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.