OJK Gelar Sosialisasi Penguatan Layanan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa

  • Bagikan
TABENGAN/DANIEL SOSIALISASI - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalteng Otto Fitriandy memberikan kata sambutannya pada pembukaan kegiatan Sosialisasi “Penguatan Layanan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Bagi Konsumen Sektor Jasa Keuangan”, Rabu (10/10).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalteng gelar Sosialisasi “Penguatan Layanan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Bagi Konsumen Sektor Jasa Keuangan” Rabu (10/10).

Sosialisasi dilaksanakan terkait implementasi Peraturan OJK Nomor 31/POJK.07/2020 tentang Penyelenggaraan Layanan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan, dan Peraturan OJK Nomor 61/POJK.07/2020 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan.

Kepala OJK Kalimantang Tengah Otto Fitriandy kepada Tabengan menjelaskan, pada awal pandemi Covid-19, pihaknya banyak mendapat surat tembusan dari masyarakat, berupa surat-surat aduan layanan di industri jasa keuangan. Terutama saat pelaksanaan kebijakan restrukturisasi.

“Pada saat launching kebijakan restrukturisasi, ternyata di mata konsumen tidak sesuai dengan yang diinginkan. Padahal pelaksanaan restrukturisasi tersebut berdasarkan assesmen masing-masing industri keuangan, lalu profil dari masing- masing nasabah atau konsumennya tidak bisa disamakan,” ungkapnya.

“Passion nya adalah bagaimana lembaga perusahaan usaha jasa keuangan bisa memberikan solusi yang baik atas pengaduan atau permasalahan yang disampaikan,” sambung Otto.

Ditambahkan pula, tembusan ke OJK dan solusi yang disampaikan tersebut tidak diterima oleh konsumen atau belum tercapai kesepakatan antara PUJK dengan konsumen.

“Maka pagi hari ini kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa. Ini merupakan lembaga independeen yang didirikan oleh pelaku industri,” imbuhnya.

Otto berharap dengan adanya LAPS menjadi penengah sehingga lebih mudah kesepakatan antara konsumen dengan PUJK tercapai.

Diketahui, kegiatan sosialisasi menghadirkan 4 pembicara, yakni Kepala Bagian Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen, Fredi Wijaya Kusuma. Kepala Subbagian Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan I, Amrin Hasdi. Kepala Subbagian Pelaksanaan Pelayanan Konsumen Terintegrasi 1.1 dan Direktorat Penelitian Kebijakan dan Pengaturan EPK Tasya Kurnia.dsn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *