PT IMK Bantu 30 Oxygen Concentrator untuk Kalteng

  • Bagikan
TABENGAN/DEDY BANTUAN - Direktur PT IMK Irwanto, menyerahkan secara langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul, 30 unit oxygen concentrator sebagai bentuk dukungan PT IMK kepada pemerintah Kalteng dalam penanganan Covid-19 di Kalteng, Kamis (28/10) di Palangka Raya

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – PT Indo Muro Kencana (IMK) kembali menyalurkan bantuan oxygen concentrator, dalam upaya mendukung penanganan pasien Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng). Kalteng pernah menghadapi kondisi kelangkaan oksigen dalam menangani pasien Covid-19. Tidak ingin hal tersebut, sebanyak 30 oxygen concentrator diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kalteng.

Direktur PT IMK Irwanto, mengatakan, ada sejumlah oxygen concentrator yang diserahkan oleh PT IMK, dalam dukungan penanganan pasien Covid-19 di Kalteng. Sebelumnya, PT IMK menyerahkan 5 unit oxygen concentrator ke RS TNI-AD, untuk dapat dipergunakan di rumah sakit tersebut. Selanjutnya, ada sebanyak 30 oxygen concentrator yang diserahkan kepada pemerintah Kalteng melalui Dinas Kesehatan Kalteng.

“Harapan besar, bantuan yang diserahkan oleh PT IMK ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi penanganan pasien Covid-19 khususnya. Penyerahan bantuan ini semata bentuk berbagi kebahagian dari PT IMK dengan pemerintah dan masyarakat Kalteng. Apa yang diberikan, semoga mampu mendukung pelayanan para pasein Covid-19 dengan baik,” kata Irwanto, saat  diwawancara terkait bantuan oxygen concentrator yang diserahkan PT IMK kepada Dinas Kesehatan Kalteng, Kamis (28/10) di Palangka Raya.

Irwanto mengharapkan, masyarakat lebih taat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes). Semoga, prokes yang dijalankan dengan disiplin akan membuat angka terpapar Covid-19 di Kalteng terus menurun, dan bersama berdoa pandemi ini segera berakhir.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul, menguraikan, oxygen concentrator ini sudah jauh hari diserahkan kepada pemerintah provinsi, dan sudah disalurkan kepada rumah sakit yang ada di Kalteng.

“Oxygen concentrator ini diperlukan dalam memerangi kebutuhan Kalteng akan oksigen. Sebab, unit ini mampu mengolah udara menjadi oksigen, yang bahkan kadar oksigennya cukup bagus. Puncaknya ketika angka terpapar Kalteng yang cukup tinggi terjadi beberapa waktu lalu, kehadiran oxygen concentratorbenar-benar sangat membantu,” kata Suyuti.

Sekarang ini, kata Suyuti, jumlah oxygen concentrator mencapai 600 unit, yang beberapa diantaranya merupakan bantuan dari dunia usaha, salah satunya PT IMK. Jumlah ini sangat mencukupi, dan juga unit ini diarahkan untuk ditempatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Oksigen memiliki fungsi layaknya obat. Ketika saturasi oksigen rendah atau dibawah 90, oksigen sama pentingnya dengan obat-obat vital.

Oxygen concentrator, ungkap Suyuti, sangat membantu dalam menutupi kekurangan oksigen akibat terbatasnya pasokan. Sekarang ini, keberadaan oxygen concentrator tidak kepada meringankan beban pasien, tapi meringankan beban rumah sakit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.