PEDULI COVID-PT IMK Bantu Oxygen Consentrator untuk RS TNI-AD

  • Bagikan
TABENGAN/DEDY BANTUAN - Direktur PT IMK Irwanto menyerahkan bantuan oxygen concentrator kepada Kepala Staf Korem (Kasrem) 102 Panju Panjung Kolonel Czi Wakhyono, untuk dipergunakan RS TNI-AD dalam menangani pasien Covid-19, Rabu (27/10) di Palangka Raya.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Angka penyebaran virus Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) patut disyukuri semakin menurun. Namun, penurunan angka ini jangan sampai membuat masyarakat menjadi lalai dan abai dalam menekan penyebaran virus Covid-19. Semakin menurun angka Covid-19, diharapkan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan disiplin.

Bentuk kewaspadaan dan dukungan dalam penanganan Covid-19 di Kalteng, PT Indo Muro Kencana (IMK) menyerahkan bantuan berupa oxygen concentrator kepada RS TNI-AD Palangka Raya. Sebanyak 5 unit oxygen concentrator ke pihak RS TNI-AD, yang secara langsung diserahkan oleh Direktur PT IMK Irwanto kepada Kepala Staf Korem (Kasrem) 102 Panju Panjung Kolonel Czi Wakhyono.

Direktur PT IMK Irwanto, mengatakan, ada sebanyak 5 buah oxygen concentrator yang diserahkan oleh PT IMK kepada pihak RS TNI-AD. Ini adalah bentuk dukungan yang diberikan PT IMK dalam membantu pihak tenaga kesehatan dalam memberikan penanganan kesehatan, bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Harapan besar, apa yang disalurkan ini dapat memberikan dampak, dan juga meringankan pihak RS TNI-AD dalam menyediakan oksigen bagi para pasien. Tentunya, alat yang diserahkan ini sepenuhnya kewenangan pihak RS TNI-AD dalam menggunakannya. Tentu, tidak hanya mereka yang terpapar Covid-19 saja yang mendapatkan pengobatan dengan alat ini, tapi bagi siapa saja yang membutuhkan, silakan untuk menggunakannya dengan sebaik mungkin,” kata Irwanto, saat dibincangi terkait bantuan oxygen concentrator kepada RS TNI-AD, Rabu (27/10) di Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala RS TNI-AD Mayor Corps Kesehatan Militer dr Alex Ranu Seto, mengatakan, bantuan yang diberikan PT IMK memang sangat membantu dalam penanganan pasien Covid-19 khususnya. Memang, angka penularan Covid-19 sekarang sedang menurun atau melandai, namun sudah harus bersiap dalam menghadapi gelombang ketiga Covid-19.

“Bantuan oxygen concentrator ini menjadi antisipasi agar tidak terjadi lagi kelangkaan oksigen. Pada bulan-bulan sebelumnya, akibat dari ketersediaan oksigen yang terbatas, membuat banyak pasien Covid-19 meninggal. Hal ini jangan sampai terulang kembali, sebab itu adanya oxygen concentrator tentunya sangat disyukuri,” kata dr Alex.

Pasien Covid-19 sendiri, lanjut dr Alex, sampai saat ini masih ada. Memang jumlahnya relatif sedikit, tidak seperti awal penyebaran varian delta yang membuat jumlah pasien membludak. Harapan besar, jumlah yang terpapar terus mengalami penurunan. Meski demikian, wajib untuk tetap bersiap. Adanya bantuan dari PT IMK berupa oxygen concentrator menjadi bentuk kesiapan itu.

Oxygen Concentrator atau Oksigen Konsentrator, kata dr Alex, alat untuk menghasilkan hembusan oksigen, yang dibantu oleh meson dalam pembuatannya. Dimana keunggulannya adalah tidak perlu isi ulang, dengan catatan kondisi mesin masih bagus maka oksigen tetap terhembus kendati dipakai selama 24 jam.ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.