LAWATAN SEJARAH DAERAH-Mengenal Sejarah Kalteng Memperjuangkan Kemerdekaan RI

  • Bagikan
LASERDA - Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Kalbar, bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, melaksanakan kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda)bertema " Mengenal Sejarah Kalteng Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI,” di Hotel Luwansa Palangka Raya, Rabu (20/10).TABENGAN/DEDY

PALANGKA RAYA/TABENGAN– Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Kalimantan Barat (Kalbar), bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng), melaksanakan kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda). Laseda baru bisa digelar mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Kalteng.

LASERDA – Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Kalbar, bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, melaksanakan kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda)bertema ” Mengenal Sejarah Kalteng Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI,” di Hotel Luwansa Palangka Raya, Rabu (20/10).TABENGAN/DEDY

Kepala Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Kalbar Hendraswati, mengatakan, Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud, akhirnya bisa menggelar Laseda khususnya di Palangka Raya. Laseda bertujuan mendorong pelajar dan juga tenaga pendidik untuk melek menggali pengetahuan sejarah lokal di daerahnya sendiri.

Pelajar yang merupakan generasi muda dan penerus diharapkan tidak hanya memiliki wawasan  sejarah nasional saja, namun perlu memiliki wawasan dan pengetahuan tentang sejarah dari daerahnya sendiri. Tema Laseda Tahun 2021 “’Mengenal Sejarah Kalteng Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI,” kata Hendraswati, Rabu (20/10) di Palangka Raya.

Peserta Laseda, kata Hendraswati, diikuti oleh pelajar tingkat SMA/SMK sederajat berjumlah 50 orang. Tidak saja pelajar, ada pula guru pendamping yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ada sejumlah titik yang akan dikunjungi, yakni Bukit Batu Kabupaten Katingan, Museum Balanga Kalteng, Tugu Soekarno, dan Rumah Peninggalan Tjilik Riwut di Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan laseda yang dilaksanakan dari tanggal 20 -23 Oktober 2021.

“Kegiatan ini bagian dari wisata sejarah. Disamping mendorong pelajar untuk memiliki wawasan sejarah lokal, tak kalah penting mereka bisa turut mewarisi, menjaga dan melestarikan sejarah daerah,” kata Guntur.

Kegiatan Laseda tersebut juga diisi dengan diskusi yang menampilkan sejumlah pembicara,  yakni Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan, Sejarawan Kalteng Kiwok Dihik Rampai, dan Pamong Budaya Ahli Madya BPNB Kalbar Juniar Purba. Acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *