PERIKANAN DARAT- Yustina: Sumber Ekonomi yang Perlu Dikembangkan Potensinya

  • Bagikan
Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng Yustina Ismiati

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM –  Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia sekarang ini memberikan dampak yang sangat besar dampaknya bagi masyarakat, salah satunya dampak ekonomi. Perlahan, angka konfirmasi harian Covid-19 di Indonesia khususnya di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus mengalami penurunan, sehingga ada langkah yang bisa ditempuh masyarakat dalam memulihkan ekonomi.

Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng Yustina Ismiati, mengatakan, ada satu potensi yang mampu digali masyarakat dalam upaya meingkatkan dan memulihkan ekonomi, yakni perikanan darat. Tentu, perikanan darat bukanlah hal yang baru, namun potensinya saja yang masih belum tergali secara maksimal.

Sebab itu, jelas Yustina, masyarakat diharapkan dapat melirik sektor yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini. Selama ini, memang perikanan di Kalteng masih dikenal dari hasil perikanan tangkap. Baik yang berasal dari laut, maupun yang dikembangbiakan di sungai.

Perikanan darat, kata Yustina, sumber ekonomi yang sederhana namun memiliki potensi yang menjanjikan. Masyarakat didorong untuk dapat mengembangkan potensi ini dengan sebaik mungkin. Perikanan darat, tidak semata untuk usaha saja, minimal untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Apabila memang sudah berhasil dalam mengembangkan skal kecil, maka dapat bergerak untuk menuju skala yang lebih besar. Misalnya, tahap awal hanya memiliki 1 atau 2 kolam saja, karena hasilnya sudah lumayan, maka dapat ditingkatkan menjadi 4 sampai 5 kolam lagi. Bertahap, menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran dan kemampuan masyarakat,” kata Yustina, saat menanggapi potensi ekonomi dari perikanan darat, Selasa (19/10) via telpon.

Yustina mengharapkan, langkah masyarakat yang ingin mengembangkan usaha perikanan darat ini, mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah. Dukungan yang dapat diberikan berupa pelatihan, dan pendampingan. Adanya kedua hal tersebut, membuat masyarakat dapat terpantau dengan baik dalam mengembangkan usahanya. Apabila ada permasalahan yang dihadapi, masyarakat dapat melakukan komunikasi untuk mendapatkan penyelesaiannya.

Perikanan darat sendiri, kata Anggota DPRD Kalteng periode 2014-2019 ini, cukup memanfaatkan lahan pekarangan yang dimiliki masyarakat. Bagi yang masih awam, pendampingan inilah yang menjadi faktor penunjang keberhasilan pelaksanaan perikanan darat.

Bagaimana memulai, ungkap Yustina, apa saja yang disiapkan, berapa ukuran kolam, dan jenis apa saja yang cocok dan mudah untuk dikembangbiakan. Ini semua perlu dukungan dari pemerintah melalui instansi terkait berkenaan dengan pendampingan dan pelatihan.ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *