Aparatur Pemerintah Desa Diharapkan Jadi Duta Vaksinasi

  • Bagikan
Bupati Mura Perdie M Yoseph didampingi Forkopimda Mura saat meninjau vaksinasi massal, baru-baru ini. Joko Santoso

PURUK CAHU/TABENGAN.COM- Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah, melalui Tim Satgas Covid-19 menyampaikan, hingga sekarang progres vaksinasi Covid-19 telah mencapai 51,3 persen untuk dosis I dan 38 persen untuk dosis II secara keseluruhan.

Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh pihak yang terus mendorong dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi agar segera lepas dari kondisi pandemi saat ini, yang membatasi ruang gerak aktivitas dan pembangunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mura dr Suria Siri menyebut, jajaran Dinas Kesehatan terus melakukan upaya optimal mendorong pencapaian target vaksinasi ini hingga akhir tahun anggaran 2021 mendatang. Diharapkan, bantuan dan dukungan seluruh pihak untuk bisa memuluskan vaksinasi ini bagi seluruh masyarakat di wilayah Tana Malai Tolung Lingu.

“Sekarang ini perlu kami informasikan untuk daerah-daerah ibu kota kecamatan hampir telah mendapatkan vaksinasi dosis I dan II. Yang jadi permasalahan, saat ini banyak warga kita di desa yang masih belum menerima dengan baik informasi tujuan vaksinasi ini,” ujar Suria, Senin (18/10).

Dia berharap, permasalahan ataupun kendala di lapangan berkenaan dengan sosialisasi informasi kepada masyarakat khususnya di desa-desa melalui aparatur pemerintahan desa dapat lebih proaktif dalam memberikan pemahaman kepada warga setempat.

“Aparatur pemerintahan saya harapkan bisa lebih proaktif juga dalam memberikan sosialisasi, bahkan aktif sebagai pelaku yang sudah divaksinasi, sehingga menjadi yang terdepan siap menerima vaksinasi. Kalau perlu mereka dijadikan duta vaksinasi bagi desanya,” katanya.

Lebih jauh, Suria menerangkan, ketika terjadi sinergisitas antara Tim Satgas Covid-19 dan aparatur pemerintahan desa setempat bisa  diaplikasikan tentunya stok vaksin yang terus didatangkan oleh pihak Pemerintah Provinsi Kalteng pada Minggu lalu sekitar 5.400 dosis dapat dimaksimalkan sesuai jadwal.

“Saat ini sekitar 40 persen lagi dari total target yang ingin kita capai, sehingga dengan upaya kita bersama target ini pastinya dapat tercapai,” tegasnya.

Menurut Suria, bukan hanya faktor informasi dan sosialisasi saja yang menjadi kendala, hal lainnya yang dihadapi dalam upaya vaksinasi yaitu kondisi alam dan jarak yang cukup jauh dan berat, sehingga memerlukan biaya perjalanan yang tidak sedikit dalam upaya vaksinasi bagi seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Mura. sjs

 

 

 

Penulis: Joko SantosoEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *