BATARING ART EXHIBITION 2- Pandemi Tak Membuat Pelaku Seni Stop Berkarya

  • Bagikan
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan bersama Ketua Panitia Bataring Art Exhibition 2 Donny Paul meninjau lokasi pameran seni rupa yang dilaksanakan Sanggar Batang garing pada kegiatan Bataring Art Exhibition 2 di UPT Taman Budaya Kalteng, 11-16 Oktober 2021. DEDY

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan dukungan penuh dalam hal pengembangan seni budaya di Indonesia. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk anggaran kepada para pelaku seni untuk terus berkarya di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Panitia Bataring Art Exhibition 2 Donny Paul menyampaikan, Sanggar Batang Garing (Bataring) menjadi salah satu yang mendapat dukungan pemerintah dalam pengembangan seni budaya. Implementasi yang dilakukan Sanggar Batang Garing adalah dengan menggelar Bataring Art Exhibition 2, di UPT Taman Budaya Kalteng pada 11-16 Oktober 2021.

Bataring Art Exhibition 2, kata Donny, kelanjutan dari Bataring Art Exhibition 1 yang sudah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2017. Bernama Bataring Art Exhibition 2, namun terdapat sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di dalamnya. Ada pameran seni rupa dengan tema Perupa Merdeka Berkarya, webinar dengan tema Berkarya di Tengah Pandemi, webinar tentang Mandau, dan webinar tentang Seni Topeng.

Bataring Art Exhibition 2, lanjut Donny, juga mengadakan lomba yang dilakukan secara virtual. Para peserta cukup mengirimkan video lomba. Ada juri khusus yang akan memberikan penilaian atas video yang dikirimkan. Lomba terdiri atas Lomba Tari Kreasi Mandau, dan Lomba Tari Etnik Modern. Semua dilakukan secara virtual mengingat kondisi Kalteng masih dalam penyebaran virus Covid-19, dan rekomendasi Satgas Covid-19.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini semata bertujuan untuk menginspirasi dan menggugah para seniman, pemerhati budaya, praktisi, dan akademisi agar bangkit, dan terus berkarya dalam kondisi pandemi sekarang ini. Pandemi tidak membuat pelaku seni stop atau berhenti dalam membuat karya-karya baru lainnya,” kata Donny, Selasa (19/10), di Palangka Raya terkait pelaksanaan Bataring Art Exhibition 2 yang berjalan dengan lancar dan sukses.

Apabila sekarang Sanggar Batang Garing berkesempatan untuk mendapatkan dukungan pemerintah, kata Donny, semoga dapat menjadi pemicu agar kedepan semakin banyak komunitas, sanggar seni, pelaku seni, ataupun seniman lainnya yang ada di Kalteng dapat menikmati program pemerintah ini. Ada lebih banyak lagi utusan dari Kalteng yang lolos mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Bataring Art Exhibition 2 kali ini, ungkap Donny, berupaya terus melakukan inovasi, juga berkolaborasi dengan banyak pihak. Mulai dari seniman, akademisi, dan pemerhati seni budaya yang berasal dari dalam dan luar Kalteng. Tujuannya memberikan warna yang lebih menarik dalam kegiatan yang dilaksanakan ini. ded

Penulis: DedyEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *