Dishub Palangka Raya Optimalkan Layanan Publik, Luncurkan Berbagai Inovasi

  • Bagikan
PAPARKAN - Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan saat memaparkan hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja Dishub tahun 2020, Selasa (19/10)/TABENGAN/RONNY GUNTUR

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM  – Selasa (19/10) kemarin, Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya meluncurkan hasil survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap layanan publik yang diberikan oleh pihaknya.

Kepala Dinas Perhubungan, Alman Pakpahan mengatakan survey yang dilakukan pada dua tahun yakni 2020 dan 2021. Pada tahun 2020, survey yang dilakukan pada 500 koresponden menghasilkan 60,4 persen Puas, kemudian 28,6 persen sangat puas dan 9 persen kurang puas.

Dan pada survey tahun 2021, dikatakannya masih berjalan dan dirinya berharap agar partisipasi masyarakat sebagai koresponden bisa semakin meningkat kali ini.

“Setidaknya ada hampir 30 pertanyaan yang kami ajukan kepada koresponden kami. Mulai dari layanan terhadap penanganan Covid-19, bus rapit transit (BRT), layanan pengaturan dan pendampingan lalu lintas, hingga layanan perparkiran. Dan untuk survey tahun 2021ini, kami harapkan agar masyarakat bisa berpartisipasi pada google form yang akan kami sediakan sehingga bisa terlihat tingkat kepuasan dan keinginan masyarakat terhadap layanan perhubungan,” ujar Alman menjelaskan.

Selain itu, dirinya turut memaparkan jika Dishub Kota Palangka Raya telah menelurkan sejunlah inovasi sebagai komitmen peningkatan kualitas layanan publik.

Mulai dari program Sistem Layanan Citra Perhubungan atau si-LaNciP, sebagai inovasi yang mempunyai data dukung pada bidang pelayanan publik. Dalam penilaian inovasi daerah, lanjutnya, si-LaNciP mendapatkan poin tertinggi. Penilaian tersebut meliputi dari beberapa indikator seperti pendapatan asli daerah (PAD) dan indikator kepuasan pelanggan.

“Berdasarkan penilaian Litbang Kemendagri, si-LaNciP meningkatkan kepuasan publik sebesar 92 persen dan sukses menaikkan PAD,” jelasnya.

Program si-LaNciP meliputi beberapa jenis layanan yang ada pada sektor perhubungan. Layanan tersebut terdiri dari Si- BUE (Sistem Bukti Uji Elektronik KIR) yang merupakan aplikasi SIM PKB, Integritas Sistem, Penggunaan Smart Card yang lebih praktis, efisien, dan aman.

Kemudian, Si-GaTuR (Sistem Penjagaan dan Pengaturan Lalu Lintas GRATIS), layanan penjagaan dan pengaturan (Gatur) lalu lintas rutin pada Jalan Induk dan persimpangan jalan serta pengaturan lalu lintas dan pengawalan kegiatan masyarakat gratis.

Si-TaKiR (Penataan Parkir), layanan penataan, pengawasan, dan pengendalian parkir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) pada bidang Retribusi Parkir. Si-WasPeL (Pengawasan Pelabuhan) layanan untuk memastikan keselamatan pelayaran sungai dan danau.

Trans-CanTiK (Pelayanan Bus Rapid  Transit/BRT GRATIS), pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) gratis, yang melayani masyarakat dalam trayek yang sudah tersedia untuk membantu masyarakat dalam mengurus PBB, dokumen kependudukan, dan layanan lainnya.

IstiaDaT (e-Angkutan dalam Trayek) yang merupakan layanan e-form informasi yang meliputi ijin usaha angkutan, rekomendasi ijin trayek, kartu pengawasan, izin nsidentil, informasi rute angkutan kota, dan informasi angkutan bandara.

Terakhir juga ada layanan Si-AcEP (Unit Reaksi Cepat) yang merupakan layanan pengawasan dan pengendalian fasilitas keselamatan jalan seperti traffic light, rambu lalu-lintas, dan lain sebagainya. rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *