Polda dan Ormas Adat Kalteng Resmikan Sekretariat Forum Garantung

  • Bagikan
ISTIMEWA RESMIKAN - Polda dan Ormas Adat Kalteng saat meresmikan Sekretariat Forum Komunikasi dan Silahturahmi Garantung, beberapa waktu yang lalu. Inset Kasubdit Politik Polda Kalteng AKBP Yoyo Roswandi

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – telah Polda Kalteng dan Ormas Adat se-Kalteng laksanakan kegiatan Peresmian Sekrariat Forum Komunikasi dan Sillaturahmi Organisasi Masyarakat Adat Kalteng (Forum GARANTUNG), di Jalan Aries Palangka Raya.Kamis (14/10).

Forum tersebut merupakan strategi membangun kerja sama antar ormas adat untuk mencegah terjadinya konflik sosial di Provinsi Kalteng.

Membuka kegiatan tersebut, Kasubdit Politik Polda Kalteng AKBP Yoyo Roswandi mengatakan bahwa dalam perjalanan waktu karena faktor ekonomi, sosial budaya seringkali terjadi permasalahan yang berujung konflik yang melibatkan masyarakat adat, bahkan konflik terjadi antara masyarakat adat dengan perusahaan dengan membawa nama organisasi masyarakat adat.

“Tak jarang konflik berujung pertengkaran, perkelahian yang merugikan masyarakat lain bahkan menelan korban tentu ini semua potensi kerawanan yang perlu diantisipasi sedini mungkin,” ungkapnya.

Dalam rangka melaksanakan peringatan dan deteksi dini, Direktorat Intelkam Polda Kalteng dijelaskannya mewujudkan sebuah inovasi dalam sebuah proyek perubahan yaitu ‘Strategi membangun kerjasama antar organisasi masyarakat adat untuk mencegah terjadinya konflik sosial di Kalteng’.

“Strateginya ialah pertama melaksanakan FGD yang ditindaklanjuti dengan kerja sama berupa MoU hingga melaksanakan deklarasi bersama untuk setia kepada Pancasila serta UUD 1945, patuh dan taat pada hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia serta aturan adat istiadat di Bumi Tambun Bungai,” bebernya.

Sementara itu Wadir Intelkam Polda Kalteng, AKBP Gugun Hadi, S.I.K menuturkan kegiatan peresmian forum komunikasi dan silaturahmi organisasi masyarakat adat Kalteng (Forum Garantung) tersebut dapat mempererat ikatan tali silaturahmi agar terjalin hubungan yang harmonis antara Polda Kalteng dan para ormas adat.

“Muaranya ialah kita ingin menyatukan persepsi dalam menciptakan situasi dan kondisi yang harmonis, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemitraan, kerja sama serta partisipasi aktif masyarakat adat dalam memelihara keamanan dan ketertiban umum,” kata AKBP Gugun Hadi.

Ia menambahkan, saat ini situasi yang terjadi beberapa waktu ini sering ditemukan dan tersebar viral di tengah masyarakat berkenaan dengan terjadinya beberapa konflik internal dan eksternal ormas adat, konflik dengan perusahaan atau aksi protes terhadap kebijakan pemerintah yang tidak memihak.

“Dahulukan penyelesaian yang bersifat kekeluargaan serta cegah tindakan yang mengedepankan main hakim sendiri dan kekerasan. Terus pelihara hubungan persaudaraan dan silahturahmi seluruh masyarakat dalam menghadapi berbagai permasalahan serta dapat mengantisipasi dengan baik,” tukasnya.

Usai peresmian Sekretariat Forum Garantung, kegiatan kembali dilanjutkan dengan pelepasan balon bersama dan penyerahan piagam penghargaan oleh Wadir Intelkam kepada ormas adat di Kalteng.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kaban Kesbangpol Kalteng H M Katma F Dirun, Kasi Bin Orsosmas DIT Polda Kalteng Kompol Tampubolon, Sekretaris Umun FKUB Polda Kalteng dan para Ormas. rgb

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *