PON XX PAPUA DITUTUP-Kalteng Peringkat 26

  • Bagikan
NET

JAYAPURA/TABENGAN.COMPekan Olahraga Nasional (PON) XX, 2021 Papua berakhir sudah. Multievent olahraga tingkat nasional yang digelar 2-15 Oktober ini resmi ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin, Jumat (16/10) pukul 18.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Acara penutupan dihadiri perwakilan kontingen dari seluruh Indonesia, termasuk dari Kalimantan Tengah. Hadir juga perwakilan  Pemerintah Provinsi Kalteng.

Rekapitulasi akhir perolehan medali emas, perak dan perunggu berdasarkan data dari PB PON XX, Provinsi Kalteng berada di peringkat ke-26 dari 34 provinsi, memperoleh 13 medali dengan rincian 2 emas, 6 perak dan 5 perunggu. Sementara, Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum dengan torehan 353 medali, 133 emas, 105 perak dan 115 perunggu.

Secara keseluruhan prestasi Kalteng di PON XX, jumlah perolehan medali meningkat dari PON XIX, 2016 Jabar. Pada saat itu jumlah perolehan medali Kalteng sebanyak 11 dengan rincian 3 emas, 4 perak dan 4 perunggu. Disumbangkan dayung 2 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Panahan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu, gulat 1 perak.

Sementara pada PON XX, Kalteng mendapatkan 13 medali. Dayung 2 emas, 4 perak, catur  1 perak, 2 perunggu, atletik 1 perak, 1 perunggu, panahan 2 perunggu dengan mengirimkan 17 cabang olahraga. empat cabor berhasil sumbang medali, sementara pada PON XIX mengirimkan 25 cabang olahraga dan 3 di antaranya menyumbangkan medali.

Hasil yang diraih cabor lain beragam, ada yang gugur di babak penyisihan, kalah di babak delapan besar, semifinal, maupun pada saat perebutan medali. Ada juga yang tidak bertanding karena terkendala sanksi skorsing. Jumlah kekuatan kurang lebih 114 atlet, 60 ofisial, manajer dan pelatih. Sementara pada PON sebelumnya mengirimkan 180 atlet, ofisial dan manajer.

Sekretaris Umum (Sekum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng H Elbadi Fardian menyampaikan, perjuangan para atlet di PON XX patut diapresiasi dan sangat luar biasa. Apalagi dengan dana terbatas dapat memberikan hasil terbaik.

“Sebaran medali lebih bagus. Tidak terpusat hanya di dayung. Ini sangat luar biasa. Atas nama KONI Kalteng, saya mengucapkan kepada seluruh manajer, ofisial dan atlet yang telah mengharumkan nama daerah di event nasional ini,” kata pria yang akrab disapa Dodi ini, Jumat (15/10). yml

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *