PN Palangka Raya Tolak Praperadilan Keluarga Tersangka Narkoba

  • Bagikan
Pengadilan Negeri (PN) Palangka Raya menolak permohonan praperadilan keluarga tersangka narkoba melawan Kepala BNNP Kalimantan Tengah, Jumat (15/10/2021). ANDRE

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Pengadilan Negeri (PN) Palangka Raya menolak permohonan praperadilan oleh Intan Sari dan Uwau Sumeng selaku Pemohon melawan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah, Jumat (15/10/2021).

Kedua Pemohon tersebut adalah keluarga Sitmar dan Unyil Sonong selaku tersangka perkara narkotika yang memperjuangkan nasibnya melalui Kuasa Hukum Pemohon Rahmadi G Lentam dan Sukarlan FD.

Dalam persidangan, Pemohon menyebut Termohon menetapkan Sitmar dan Unyil Sonong sebagai tersangka tanpa ada surat perintah penyidikan, dan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP). Termohon juga melakukan penangkapan dan perpanjangan penangkapan terhadap keluarga Pemohon tanpa surat perintah penangkapan, surat perintah perpanjangan penangkapan,  tanpa ada pemberitahuan secara resmi dan tertulis berupa surat perintah penangkapan maupun surat perintah perpanjangan penangkapannya kepada Pemohon sebagai keluarga tersangka.
Pemohon meminta pengadilan menyatakan tidak sah segala keputusan atau penetapan yang dikeluarkan lebih lanjut oleh Termohon yang berkaitan dengan penetapan tersangka terhadap Sitmar dan Unyil Sonong. Pemohon juga meminta Sitmar dan Unyil Sonong dibebaskan dari Rumah Tahanan BNNP Kalimantan Tengah.

Namun upaya permohonan praperadilan oleh Intan Sari dan Uwau Sumeng kandas karena ditolak Hakim Tunggal, Syamsuni.

Selain mengajukan permohonan atas nama keluarganya, masih ada upaya hukum lain yang Unyil lakukan. Dia juga mengajukan permohonan praperadilan atas namanya sendiri dan kini sidangnya masih berjalan pada PN Palangka Raya. dre

Penulis: AndreEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *