FT-UPR Gelar Pelatihan Suspeso Trasparente dengan Media Batik

  • Bagikan
ANTUSIAS – Tampak ibu-ibu di Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) antusias mengikuti pelatihan yang digelar Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya (UPR), Jumat (8/10).TABENGAN/HENDY

KUALA KURUN/TABENGAN.COM – Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya (FT-UPR) Jurusan Arsitektur menggelar kegiatan lanjutan membuat kerajinan tangan teknik sospeso trasparente dengan media kain batik. Kegiatan itu dilangsungkan di aula Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Jumat (8/10).

“Keterampilan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan bagi ibu-ibu yang mau berperan aktif menambahkan penghasilan untuk masyarakat,” ucap tenaga pelatih, Elis Sri Rahayu disela-sela kegiatan tersebut.

Kerajinan tersebut lanjut Elis Sri Rahayu, medianya dari bahan-bahan yang merupakan kain perca bermotif batik dan plastik laminating yang dilem. Media ini akan dibentuk menjadi tiga dimensi dan ditempelkan pada tas rotan, tempat tisu dan lainnya.

“Dengan alat ini setelah dipanaskan sisi plastiknya akan membentuk bentukan lebih tiga dimensi dan ditambah lagi tempelan diatasnya, ada beberapa tahapan dalam pengerjaannya terlebih lagi diberi pernis hasilnya akan lebih cantik dan mengkilap,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, pelatihan tersebut merupakan keterampilan lanjutan yang ketiga kalinya, pelatihan yang pertama cuma menempel, pelatihan yang kedua medianya tisu dan yang ketiga medianya kain batik.

Seharusnya pelatihan kerajinan tangan teknik sospeso trasparente dengan media kain batik dilaksanakan tahun 2020 lalu. Namun karena pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ditunda pelaksanaannya di tahun 2021. “Saya yang berinisiasi melaksanakan kegiatan ini, kebetulan ada kenalan ibu-ibu disini lokasinya di Kurun,” ungkapnya.

Melalui pertemuan ini ia berharap dapat menambah pengalaman dan pengetahuan ibu-ibu di masa pandemi Covid-19 serta membantu ibu-ibu dalam meningkatkan perekonomiannya. c-hen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *