Puluhan Ternak Babi Mati Mendadak

  • Bagikan
DISELIDIKI - Tampak sejumlah babi ditemukan mati mendadak.ISTIMEWA

PURUK CAHU/TABENGAN.COM Puluhan ternak babi di Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura), mendadak mati dalam sepekan terakhir. Menyikapi itu, Pemerintah Kabupaten Mura telah mengambil langkah antisipasi dan persiapan karantina bagi ternak babi.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Mura Pujo Sarwono melalui Kepala Bidang Peternakan Fuad Rivai membenarkan telah terjadinya puluhan kasus kematian mendadak yang menimpa hewan ternak babi.

“Ternak yang masih hidup kita minta untuk segera diisolasi oleh para peternak agar tidak menimbulkan penyebaran dan kerugian yang lebih besar lagi. Jika ditemukan ternak yang mati agar segera dilakukan pengosongan kandang dan ternak tersebut segera dikuburkan,” ungkap Fuad, di ruang kerjanya, Senin (11/10).

Fuad menyebut, pihaknya terus memberikan sosialisasi dan pemantauan yang ketat terhadap peternakan babi guna menekan penyebaran penyakit ternak meluas sebelum vaksin bagi penyakit ini dapat ditemukan.

“Sampai saat ini vaksinnya belum ada, jadi kami mengimbau kepada para peternak babi agar terus berkonsultasi dengan kami untuk mengambil langkah-langkah antisipasi,” katanya lagi.

Penyakit ASF ini dipastikan tidak berbahaya bagi manusia, namun dapat menular ke ternak babi. Melewati kontak langsung dengan ternak, serangga, pakaian, peralatan peternakan, kendaraan dan pakan yang terkontaminasi.

“Kembali kami mengimbau agar para peternak babi dapat lebih waspada terhadap penyebaran penyakit ASF ini, untuk mengantisipasi kerugian materi yang lebih besar,” ujar Fuad. c-sjs

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *