Dukung Program Pemerintah, PT MUTU Gelar Penanaman Mangrove

  • Bagikan
DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH - Menyambut ulang tahun PT Indika Energy Tbk ke-21, PT Multi Tambangjaya Utama (PT MUTU) melaksanakan program penanaman pohon Bakau/Mangrove (Rizhophora) di wilayah pesisir pulau Damar, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Kalteng. ISTIMEWA

BUNTOK/TABENGAN.COM – Menyambut ulang tahun PT Indika Energy Tbk ke-21, dan dalam upaya mendukung program Pemerintah dalam melakukan restorasi hutan bakau di wilayah pesisir, PT Multi Tambangjaya Utama (PT MUTU) salah satu unit bisnis Indika Energy Group, melaksanakan program penanaman pohon Bakau/Mangrove (Rizhophora) di wilayah pesisir pulau Damar, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH – Menyambut ulang tahun PT Indika Energy Tbk ke-21, PT Multi Tambangjaya Utama (PT MUTU) melaksanakan program penanaman pohon Bakau/Mangrove (Rizhophora) di wilayah pesisir pulau Damar, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Kalteng. ISTIMEWA

Penanaman pohon mangrove dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober-5 November 2021. Sebanyak 2.000 batang bibit pohon bakau ditanam pada area seluas 0.6 hektar dengan kerapatan jarak tanam 1 x 3 meter. Seremonial awal penanaman pohon dilakukan pada hari Kamis, 7 Oktober 2021 yang dihadiri oleh Setiyo Pamoedji, salah satu Direktur PT Multi Tambangjaya Utama.

Dalam kesempatan seremonial tersebut, Setiyo Pamoedji menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan, dimana penanaman pohon bakau yang dimulai sejak hari ini sampai dengan tanggal 5 November 2021 tersebut, bertujuan untuk menunjukan komitmen PT Multi Tambangjaya Utama terhadap kepedulian pada lingkungan hidup dan Keanekaragaman Hayati, terutama pada wilayah pesisir.

“Fenomena abrasi pantai dibeberapa wilayah di Indonesia saat ini cukup mengkhawatirkan dan menjadi hal yang harus diperhatikan bersama, tidak hanya oleh Pemerintah tapi juga oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk Perusahaan. Hutan mangrove merupakan salah ekosistem alam yang sangat produktif dan memiliki banyak manfaat untuk melindungi garis pantai dari abrasi dan erosi,” kata Setiyo Pamoedji.

Menurut Setiyo Pamoedji, susunan akar mangrove yang lebat dan  akan berfungsi seperti saringan yang akan mencegah pasir pantai terbawa arus sungai. Selain itu, pohon bakau juga berfungsi sebagai pengurai limbah organik yang dibawa oleh sungai dan juga menjadi habitat bagi beberapa fauna.

Setiyo Pamoedji juga menambahkan bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove yang dilakukan oleh PT Multi Tambangjaya Utama, selain untuk mendukung upaya Pemerintah dalam program restorasi mangrove juga sebagai rangkaian menyambut Ulang Tahun PT Indika Energy Tbk. yang ke-21 pada tanggal 19 Oktober.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh PT Multi Tambangjaya Utama, tapi juga seluruh unit usaha PT Indika Energy Tbk yang tergabung dalam Indika Energy Group di seluruh wilayah operasionalnya. Total yang akan ditanam adalah sebanyak 21.000 batang mangrove,” imbuh Setiyo Pamoedji. ist

Penulis: ISTIMEWAEditor: DKA
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *