Kalteng Siap Tuan Rumah PON XXII

  • Bagikan
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menceritakan sedikit pengalamannya dalam memberikan dukungan bagi para atlet PON XX di Papua. Perjalanan panjang yang ditempuh menggunakan transportasi udara, semata untuk memberikan semangat dan melihat kondisi para atlet yang bertanding.

Berkaca dari hasil kunjungan itu, kata mantan Bupati Pulang Pisau ini, Kalteng pada dasarnya siap untuk menjadi penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON). Namun, bukan PON XXI, sebab PON XXI sudah ditetapkan pelaksanaannya di Aceh. Target Kalteng adalah PON XXII atau masih 8 tahun lagi.

Edy meyakini, apabila Papua saja yang baru membangun mampu untuk melaksanakan event sekelas PON, mengapa Kalteng tidak mampu. Berbicara akses, Kalteng berada di tengah-tengah Indonesia. Fasilitas ataupun sarana prasarana yang dimiliki dinilai lebih maju dibandingkan dengan Papua.

“Infrastuktur jauh lebih maju di Kalteng, yang artinya apabila Papua saja bisa, mengapa Kalteng tidak bisa. Event yang dilaksanakan adalah PON dengan skala nasional. Artinya ada anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON di daerah, termasuk di Kalteng. Intinya, Kalteng siap menjadi tuan rumah PON,” kata Edy, saat dikonfirmasi terkait wacana Kalteng tuan rumah PON, Rabu (6/10).

Edy melanjutkan, apabila Kalteng memang terpilih menjadi tuan rumah PON, dukungan anggaran dari pemerintah pusat tentu tersedia dalam upaya menyukseskan pelaksanaan PON di Kalteng nantinya. Sebab itu, Kalteng apabila dipercaya menjadi tuan rumah harus dibarengi persiapan atlet yang akan bertanding.

Sejumlah cabang olahraga, ujar Edy, merupakan salah satu langganan medali bagi Kalteng. Meski demikian, atlet harus tetap melakukan persiapan matang, mengingat yang menjadi lawan adalah atlet dari berbagai daerah yang sudah melakukan persiapan matang dan mumpuni.

Berkenaan dengan kesiapan atlet Kalteng dalam PON XX di Papua, ungkap Edy, atlet sudah melakukan persiapan yang mumpuni. Tapi, tidak bisa dipungkiri seluruh atlet yang hadir dalam event sekelas PON, tentu memiliki kesiapan yang matang pula. Tinggal bagaimana strategi dalam bertanding saja lagi yang menentukan. ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *