Fokus Bangun Akses ke Pedalaman Kotim

  • Bagikan
Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H Halikinnor

SAMPIT/TABENGAN.COM- Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H Halikinnor dan Wakil Bupati Kotim Irawati atau yang biasa disapa pasangan Harati, akan lebih fokus untuk membangun akses menuju wilayah pedalaman di Kabupaten Kotim.

Seperti diketahui, selama ini akses menuju wilayah pedalaman Kotim masih terhambat kondisi jalan yang rusak maupun belum terhubung karena belum ada pembukaan jalan.

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H Halikinnor dan Wakil Bupati Kotim Irawati

Bupati Kotim H Halikinnor mengaku sejak awal mencalonkan diri menjadi pemimpin daerah, ia bersama Irawati pertama merancang bagaimana pembangunan infrastruktur di Kotim bisa maksimal serta merata hingga ke wilayah pelosok.

“Kita tidak mengesampingkan bidang yang lain, namun memang pembangunan infrastruktur menjadi utama fokus kita. Bagaimana jalan-jalan, terutama yang di wilayah utara Kotim, bisa tembus dan terhubung,” ujarnya, Minggu (3/10).

Guna mendukung program tersebut, dirinya telah menganggarkan penyediaan alat berat untuk seluruh kecamatan di Kotim. Alat berat multifungsi itu nantinya diserahkan dan dikelola oleh kecamatan untuk berbagai keperluan pembangunan. Tahun ini ia sudah merealisasikan 3 unit alat berat untuk 3 kecamatan yang berada di selatan, utara dan tengah.

Halikinnor mengatakan, untuk tahun ini Pemkab baru bisa mengadakan 3 unit alat berat. Karena pihaknya menyesuaikan kondisi keuangan daerah yang sebagian dialihkan untuk anggaran penanganan Covid-19. Namun, ia berjanji di tahun depan pengadaan alat berat akan direalisasikan di 10 kecamatan.

“Alat berat yang multifungsi ini adalah solusi untuk mengatasi ketertinggalan di wilayah pedalaman Kotim, sehingga mereka bisa bergerak untuk merawat jalan atau membuka lahan,” bebernya.

Menurutnya, saat ini masih banyak jalan di pelosok hanya berkontruksi tanah, sehingga jika terjadi hujan lebat, maka akan becek dan sulit dilintasi. Hal itulah yang menjadi perhatian, agar bisa diatasi dengan baik, menggunakan anggaran yang ada di Kotim saat ini.

Selain itu, menurut orang nomor satu di bumi Habaring Hurung ini, Pemkab Kotim juga bakal mendapatkan anggaran dari Pemprov Kalteng untuk pembangunan infrastruktur di wilayah utara Kotim.

Ia berharap hal tersebut mendapat dukungan dari DPRD Kalteng, supaya akses jalan menuju ke pedalaman nantinya dapat segera tembus dan kesejahteraan masyarakat di lokasi tersebut pun meningkat. c-may

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *