Hukrim  

Pelaku Arisan Investasi Get Bodong Ditangkap

DITANGKAP- Satreskrim Polres Kobar berhasil membekuk pelaku tindak pidana penggelapan dengan modus arisan investasi get. TABENGAN/YULIANTINI

*Kerugian Rp311.800.000 Tidak Dikembalikan

PANGKALAN BUN/TABENGAN.COM – Satreskrim Polres Kotawaringin Barat Berhasil membekuk pelaku arisan investasi get bodong. Pelaku yang bernama Purlina ini telah melakukan penggelapan sebesar Rp311.800.000, atas perbuatannya pelaku bakalan mendekam 4 tahun penjara.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah didampingi Kasat Reskrim Polres Kobar AKP Rendra Aditia Dhani menjelaskan, penangkapan terhadap tersangka berdasarkan surat laporan polisi pada 22 September 2021. Atas laporan tersebut, Satreskrim pun langsung melalukan penyelidikan.

“Terbongkarnya kasus ini berdasarkan laporan dari Sartika, di mana dia sebagai korban, dan kasus penggelapan ini terjadi pada hari Rabu tanggal 15 September 2021, di Jalan Utama Pasir Panjang, Desa Kapitan. Atas perbuatannya, korban mengalami kerugian sebesar Rp311.800.000,” kata Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, di Pangkalan Bun,  Kamis (30/9).

Dijelaskan juga kronologisnya, dimana kepada korban, pelaku menawarkan arisan investasi get yang mendatangkan keuntungan, sementara untuk jumlah dari peserta arisan investasi get itu sebanyak 49 orang.

“Pelaku meminta kepada korban untuk menyerahkan uang terlebih dahulu, karena tertarik maka korban pun mengambil 41 slot senilai Rp311.800.000. Saat itu korban dijanjikan akan mengembalikan uang modal serta akan mendapatkan keuntungan, namun sampai batas waktu yang telah ditentukan, pelaku belum juga memenuhi janjinya, maka korban pun langsung melaporkan kepada kepolisian,” ujar Kapolres.

Dalam menjalankan modusnya, pelaku menawarkan paket arisan investasi get, paket arisan get Rp5 juta peserta mengeluarkan modal Rp4 juta dan mendapatkan keuntungan Rp1 juta, get Rp6 juta dengan uang setoran sebesar Rp4,5 juta sampai dengan get arisan Rp15 juta. Pelaku menjanjikan investasi akan kembali 2-3 hari.

Dari uang itu, lanjut Kapolres, pelaku telah menggunakan sebanyak 15 slot. Berdasarkan laporan itu, Satreskrim Polres Kobar telah berhasil mengamankan pelaku dan menyita barang bukti. Adapun pasal yang dikenakan kepada pelaku yakni Pasal 378 KUHP 4 tahun.

“Saat ini kami masih menunggu laporan dari masyarakat yang pernah dirugikan oleh pelaku, kami berkeyakinan korbannya bukan Sartika saja, karena sebagian besar yang ikut dalam arisan investasi get ini masyarakat Kobar. Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan,” ujar Kapolres. c-uli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.