Perdie-Rejikinoor Realisasikan Janji Politik

  • Bagikan
Perdie M Yoseph dan RejikinoorProgram unggulan seperti Kartu Mura Cerdas (KMC) saat bersama anak-anak.

PURUK CAHU/TABENGAN.COM Visi Pemerintah Kabupaten Murung Raya adalah Terwujudnya Masyarakat Murung Raya yang Sejahtera dan Bermartabat Melalui Pembangunan Berbasis Perdesaan Menuju Murung Raya Emas 2030.

Visi tersebut merupakan pengejawantahan janji politik Perdie M Yoseph dan Rejikinoor, pasangan PRO semasa bertarung di Pemilu Kepala Daerah 2018 sebagai landasan program Pemkab Mura dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat setempat.

Program unggulan seperti Kartu Mura Cerdas (KMC) telah diberikan kepada siswa-siswi untuk kategori mampu sebanyak 7.270 orang. Sejak 2019 sampai 2023 Pemkab Mura telah menganggarkan miliaran rupiah untuk mahasiswa Mura dari jenjang D1 sampai S2. Masing-masing mendapatkan bantuan Rp10.000.000.

Program lainnya yang cukup fantastis di zaman kepemimpinan Bupati Mura Perdie M Yoseph di periode yang kedua yaitu program bantuan alat berat untuk 10 kecamatan. Bantuan ini diberikan bertahap dan telah terealisasi di Kecamatan Permata Intan dan Kecamatan Tanah Siang.

Kendati masih pandemi Covid-19, semangat Pemkab Mura dalam membangun daerah di bawah komando Perdie tidak pernah kendur. Belum lama tadi, warga Tumbang Lahung, Kecamatan Permata Intan bisa tersenyum lebar, karena air di tiap-tiap rumah sudah mengalir lancar berkat diselesaikannya unit air bersih Perumda Danum Pemolum yang diresmikan langsung oleh Perdie.

Selain itu, di hari yang sama tempat terpisah, Wakil Bupati Mura Rejikinoor melakukan peresmian pengaktifan jaringan listrik di Desa Panu’ut, Kecamatan Murung dan di Desa Batu Mirau, Desa Tumbang Apat, Desa Tumbang Kolon, Kecamatan Sungai Babuat.

Aktifnya jaringan listrik di 5 desa tersebut sontak mendapat sambutan antusias yang tinggi dari warga masing-masing desa. Bedasarkan Rasio Elektrifikasi (RE) 50 desa di wilayah yang dijuluki Tana Malai Tolung Lingu ini sudah teraliri jaringan listrik.

Sementara 15 desa lagi mendapat bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) tahun 2019 Program Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kemudian gebrakan signifikan lainnya di masa kepemimpinan PRO, demi meningkatkan kinerja pemerintahan, perekonomian dan demi menyejaterakan masyarakat Mura, Pemkab Mura juga mengagas Program 1,5 Miliar 1 Desa 1,5 Miliar 1 Kelurahan.

Di bidang kesehatan, Pemkab Mura meluncurkan Program Kartu Mura Sehat (KMS) yang telah diintegrasikan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS), dengan jumlah peserta sebanyak 72.551 orang yang pendanaannya bersumber dari APBD Mura.

Tidak luput dari perhatian, janji politik PRO bagi masyarakat penyandang disabilitas, lansia dan anak telantar direalisasikan melalui program Pemkab Mura dengan diberikannya bantuan sosial Rp500.000 setiap 3 bulan lewat Program Kartu Murung Raya Sejahtera.

Program-program brilian yang digagas PRO melalui Pemkab Mura kendati perlahan, namun pasti berhasil dituntaskan tahap demi tahap. Buah kegigihan Perdie-Rejikinoor beserta jajarannya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016, Bupati Mura menerima penghargaan dari Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Selanjutnya, inovasi dan transparansi di lingkungan Pemkab Mura pada 17 Maret 2021 menerima penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Kalteng dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 dengan meraih peringkat III Kategori Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten dan Kota se-Kalteng sebagai badan publik menuju informatif. Pada 2019, Pemkab Mura juga mendapat penghargaan Kategori Mail.go.id dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Baru-baru ini, Pemkab Mura kembali mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan RI untuk laporan keuangan daerah tahun 2020. Dengan demikian, predikat WTP selama kepemimpinan Perdie M Yoseph sebagai Bupati Mura tercatat teah mendapatkan 6 kali penghargaan yang sama.

Terakhir, masih di tahun 2021, setelah 6 kali mendapatkan predikat WTP, Pemkab Mura melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dinilai sukses dalam melaksanakan program perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2020 di Kabupaten Mura. Bupati Perdie M Yoseph menyabet penghargaan dari Perpusatakaan Nasional RI.

Atas kesuksesan tersebut, Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando  menyerahkan bantuan berupa 1 unit sepeda motor perpustakaan keliling, pojok baca digital, telivisi, rak dilengkapi dengan buku-buku untuk perpustakaan desa dan juga komputer yang diterima langsung Bupati Mura. c-sjs

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *