Hari ini, DPD KNPI Kalteng Buka Tahap Verifikasi OKP

  • Bagikan
VERIFIKASI  - Ketua DPD KNPI Kalteng, Rahmad Handoko (tengah), saat menggelar press rilis terkait persiapan Musda ke – 15 KNPI sekaligus verifikasi OKP, Sabtu (25/9). (Tabengan,Novan)

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM  – Dalam rangka persiapan menghadapi agenda Musyawarah Daerah (Musda) ke 15, Dewan) Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan segera melakukan verifikasi terhadap seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) yang bernaung dibawahnya.

Hal ini disampaikan Ketuw DPD KNPI Kalteng, Rahmad Handoko, saat menggelar press rilis di Sekretariat DPD KNPI Kalteng, jalan Tjilik Riwut Km.1, Sabtu (25/9). Menurutnya, verifikasi tersebut merupakan salah satu tahap sebelum pelaksanaan Musda yang akan digelar dalam waktu dekat.

“Verifikasi OKP merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sebelum pelaksanaan Musda. Oleh karena itu  DPD KNPI secara nasional dan sesuai dengan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) punya tahapan tersendiri. Salah satunya disini kita akan mengumpulkan teman – teman untuk menyatakan bahwa KNPI Kalteng akan melaksanakan Rapat Pimpinan Paripurna Daerah Rapimpurda,” ucapnya.

Ditegaskan, verifikasi OKP yang bernaung di KNPI Kalteng tersebut juga telah dilakukan di periode sebelumnya, dimana KNPI juga bertugas untuk memverifikasi data organisasi kepemudaan di Indonesia dan Kalteng pada khususnya, sehingga membantu tugas pemerintah, tanpa ikut mencampuri urusan internal organisasi yang bernaung didalamnya.

“Tidak semua organisasi kepemudaan dapat bernaung di KNPI. Sebab, ada beberapa organisasi lainnya yang memiliki aturannya sendiri, seperti halnya Karang Taruna, Pramuka, dan Palang Merah Indonesia atau (PMI). Kalau KNPI ini hanya menaungi organisasi yang terdapat didalamnya kepemudaan masyarakat dan kita tidak mencampuri urusan internal organisasi yang bernaung dibawah KNPI,” ujarnya.

Dilain pihak, Ketua Steering Commitee Ahmad Syarif mengatalan, hasil verifikasi pada Rapimpurda dan ikut dalam Musda sebelumnya, terdiri dari 55 OKP penuh, 32 peninjau, dan 14 kabupaten atau kota yang ikut Musda. “Perjalanan Musda 3 tahun lalu Sukamara, jumlah OKP seluruh ada 77 di luar 14 kabupaten/kota. Setelah kita verifikasi, jadi 55. Nah yang lainnya peninjau dan 14 daerah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pendaftaran verifikasi OKP dibuka pada Senin (27/9) mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 wib di sekretariat KNPI Kalteng. nvd

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *