PMI Kabupaten Banjar Kirim Relawan Medis ke Katingan

  • Bagikan
PEDULI KEMANUSIAAN - Relawan Medis PMI Kabupaten Banjar berfoto bersama pengurus PMI Kalteng dalam rangka membantu pelayanan medis di Kabupaten Katingan, yang sedang dilanda musibah banjir. Tampak Sekretaris PMI Kalteng, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si. menerima bantuan. (Tabengan, Novan)

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Palang Merah Indoensia (PMI) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyambut baik kehadiran relawan medis yang dikirimkan PMI Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk membantu masyarakat Kabupaten Katingan yang tengah dilanda musibah banjir.

Hal ini disampaikan Sekretaris PMI Kalteng, Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si, saat dibincangi Tabengan di Sekretariat PMI Kalteng, Sabtu (18/9). Menurutnya, kehadiran para relawan medis PMI Kabupaten Banjar akan sangat membantu masyarakat Katingan, khususnya par korban banjir untuk mendapat pelayanan kesehatan.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Banjar serta para relawan medis yang berinisiatif untuk membantu saudara kita yang terkena musibah banjir di Kabupaten Katingan, khususnya dalam pelayanan kesehatan. Apalagi saat ini kita memang membutuhkan tambahan tenaga medis,” ucapnya.

Wakil ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) ini juga mengatakan, musibah banjir yang melanda Kabupaten Katingan terbilang cukup parah dan sejumlah masyarakat mulai terserang , seperti pusing serta sakit perut. Bahkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan terpaksa harus berpindah pelayanan sementara waktu ke Hotel Katingan, karena terendam banjir.

“Saat ini ada sejumlah warga yang mulai terserang penyakit seperti pusing dan sakit kepala, sehingga tenaga medis sangat dibutuhkan untuk membantu pelayanan kesehatan di Katingan. Oleh karena itu, kita mengapresiasi para relawan medis PMI Kabupaten Banjar yang rela mengorbankan waktu serta tenaga untuk membantu masyarakat di Katingan,” ujar Wakil ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Kalteng ini.

Senada, Wakil Ketua bidang relawan PMI Kalteng, Alif Abdullah, menyampaikan terima kasih  kepada relawan medis PMI Kabupaten Banjar, yang rencana akan bertugas selama seminggu di Kabupaten Katingan.

“PMI Kalteng sudah menerima surat tugas dari para relawan medis Kabupaten Banjar dan kita ucapkan terima kasih kepada para relawan medis yang rencana akan bertugas selama 1 minggu di Kabupaten Katingan. Harapan kami para relawan medis bisa menjaga kesehatan selama bertugas , sehingga bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada saudara kita yang saat ini dilanda musibah,” ungkapnya.

Disisi lain, Staff Bidang Penanggulangan Bencana sekaligus pimpinan rombongan Relawan Media PMI Kabupaten Banjar, Devita Dwi Sintia, menjelaskan bahwa relawan yang ditugaskan untuk membantu masyarakat Kabupaten Katingan adalah 13 orang, yang terdiri dari 2 Staff dan 5 relawan PMI Kabupaten Banjar, kemudian 5 relawan TSR PMI sebagai tim medis/perawat serta 1 orang driver.

“Kita rencananya bertugas selama seminggu di Kabupaten Katingan, dimana rombongan kita berangkat dari PMI Kabupaten Banjar berjumlah 13 orang, dengan membawa bantuan obat – obatan sekaligus membantu pelayanan kesehatan disana. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat khususnya bagi saudara kita yang tengah dilanda musibah, mengingat Kabupaten Katingan merupakan wilayah yang terdampak banjir paling parah,” pungkasnya. nvd

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *