Pustu Desa Pangkalan Banteng Harus Segera Difungsikan

15
pustu pangkalan banteng
Komisi A DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat melakukan monitoring ke Pustu Desa Pangkalan Banteng, baru-baru ini. TABENGAN/YULIANTINI

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat yang mengeluhkan tidak berfungsinya Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Pangkalan Banteng, Komisi A DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan monitoring langsung ke Pustu tersebut.

Ketua Komisi A Muhammad AR mengatakan, setelah dirinya bersama rombongan komisi A melaksanakan monitoring, ia merasa prihatin pasalnya Pustu di Desa Pangkalan Banteng tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal di Pustu tersebut tercantum tulisan melayani 1 x 24 jam.

“Berdasarkan hasil monitoring kami bahwa Pustu desa Pangkalan Banteng memang tidak dirawat bahkan fasilitas yang telah disediakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkesan mubazir. Padahal disana ada plang tertulis melayani 1 x 24 jam tapi nyatanya di lapangan Pustu itu benar benar tidak berfungsi. Kasihan masyarakat kita di sana,” kata Muhammad AR.

Seharusnya, ujar Muhammad AR, kepala Pustu Desa Pangkalan Banteng lebih pro aktif lagi agar Pustu itu dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Karena Pustu itu dibangun untuk membiarkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat dan keberadaannya dalam upaya mendekatkan pelayanan kesehatan.

“Jadi minta kepala Pustu juga harus aktif agar tidak terkesan mubazir. Buatlah kegiatan misalnya saja khitanan massal ataupun pelayanan KB,” sarannya.

Muhammad AR pun menyoroti mengenai Tenaga Kesehatan Terlatih yang baru di rekrut Dinas Kesehatan Kobar agar segera memulai menempatkan diri sesuai wilayah tugasnya masing-masing.

“Kami melihat di Pustu desa Pangkalan Banteng itu ada penerimaan Tenaga Kesehatan yang lulus dan tugas di sana tapi belum mulai bertugas. Menurut Dinas masih menunggu SK penugasan, untuk itu kami harapkan segera diisi,” kata Muhammad AR.

Dan untuk tenaga kesehatan yang ditugaskan di setiap Pustu, ia meminta, jangan dipindah lagi agar bisa memberikan pelayananan kepada masyarakat.

Diketahui, Pustu Desa Pangkalan Banteng yang ditinjau, beberapa hari lalu, merupakan referensi bagi kami atas keberadaan Pustu lainnya yang ada di Kobar. Karena keberadaan Pustu itu sendiri merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.c-uli

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here