36.390 investor Pasar Modal dan 18.078 investor Saham di Kalteng

  • Bagikan
Kepala BEI Cabang Kalteng, Stephanus Cahyo Adiraja.jpg

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Penyelenggaraan Public Expose LIVE 2021 pada 6–10 September 2021 yang dilaksanakan secara virtual hingga berakhirnya acara dinilai cukup sukses dengan beberapa pencapaian yang baru.

Terlihat animo peserta sangat diluar dugaaan karena dihadiri 49.395 peserta daring, dari target yang ditetapkan sebanyak 44.000 peserta, hal ini melampaui pencapaian 41.361 peserta daring pada pelaksanaan Public Expose LIVE 2020 lalu.

Kepala BEI Kalimantan Tengah, Stephanus Cahyo Adiraja, kepada Tabengan, Jumat (10/9) menjelaskan bahwa Public Expose yang berlangsung selama 5 hari tersebut (6-10 September 2021) telah memfasilitasi investor yang ingin mengetahui perkembangan dari saham perusahaan yang dimilikinya.

“Dengan adanya kenaikan jumlah peserta dibandingkan tahun lalu, menjadi bukti bahwa investor sangat antusias untuk mengikuti perkembangan saham perusahaan yang dimilikinya khususnya strategi-strategi  yang diterapkan dalam menghadapi masa pandemi ini,” beber Cahyo.

Lebih lanjut, Cahyo juga mengemukakan penerapan teknologi digital dalam Public Expose yang dilakukan oleh BEI bisa menjembatani kebutuhan antara investor dan perusahaan dalam pencarian dan penyebaran informasi. Dengan adanya Public Expose ini diharapkan investor bisa semakin paham dan cerdas dalam memilih saham perusahaan yang akan maupun yang sudah dimilikinya

Tercatat jumlah seluruh investor pasar modal di Kalimantan Tengah, hingga Juli 2021 sedikitnya 36.390 investor. Sedangkan jumlah investor saham Kalimantan Tengah ada sejumlah 18.078 investor.

Terpisah, Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi memberikan apresiasi bagi seluruh stakeholders yang terlibat dan
menyukseskan penyelenggaraan Public Expose LIVE 2021. Hasan berharap konsep yang diterapkan pada Public Expose LIVE 2021 dapat memberikan inspirasi bagi pelaksanaan berbagai kegiatan edukasi pasar modal lainnya agar menjangkau lebih luas dan lebih bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa.

Pengalaman Public Expose LIVE 2020 menjadi bekal utama pendorong kesuksesan penyelenggaraan Public Expose LIVE tahun ini. Seluruh Perusahaan Tercatat yang mengikuti Public Expose LIVE 2021 berasal dari seluruh sektor industri dan dihadiri secara lengkap oleh direksi beserta jajaran manajemennya.

Public Expose LIVE 2021 semula akan diikuti oleh 50 Perusahaan Tercatat, namun PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) mengundurkan diri sehingga total terdapat 49 Perusahaan Tercatat yang berpatisipasi.

Dari 49 Perusahaan tersebut, sebanyak 39 sesi public expose dihadiri oleh lebih dari 500 peserta, dengan 14 sesi dihadiri lebih dari 1000 peserta, bahkan 2 sesi public expose, yaitu PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dihadiri oleh 3.731 peserta, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat rekor baru dengan dihadiri oleh 2.794 peserta.

Pendekatan baru pemaparan kinerja Perusahaan Tercatat dengan penggunaan teknologi dan telah diterapkan sejak Public Expose LIVE 2020 ternyata juga direspon dengan sangat baik oleh masyarakat. Dari 49.395 peserta sesi public expose, data menunjukkan bahwa 56 persen pengakses merupakan investor dari kalangan generasi milenial yang berusia 24-39 tahun.

“Hal tersebut mengindikasikan bahwa pendekatan berbasis teknologi digital dan virtual ini tepat sasaran serta sesuai dengan pesatnya peningkatan jumlah investor dari generasi milenial,” tandasnya. dsn

Penulis: DANIEL SUSANTO NEditor: DKA
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *