Jalan Bukit Rawi Makin Tenggelam

  • Bagikan
ISTIMEWA BENCANA - Bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), terus meluas, Kamis (9/9).

PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), terus meluas, Kamis (9/9). Debit air yang merendam sejumlah kecamatan makin dalam. Begitu pula ruas Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya-Kuala Kurun (Bukit Rawi), Desa Penda Barania, kian tenggelam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulpis Salahudin mengatakan, banjir di Kecamatan Kahayan Tengah masih belum menunjukkan penurunan debit air, dan bahkan terus meninggi.
Menurutnya, kondisi debit air di Jalan Lintas Trans Kalimantan Palangka Raya-Kuala Kurun, Desa Penda Barania, ketinggian air mencapai 41 centimeter di titik yang terdalam dengan panjang 1,64 kilometer.

“Untuk saat ini arus lalu lintas masih normal. Pengguna jalan agar lebih berhati-hati, karena banyak jalan yang berlubang. Dan untuk di beberapa desa di Kecamatan Banama Tingang, banjir masih bertahan,” ujar Salahudin.
Berdasarkan data, jelas Salahudin, bencana banjir di Kecamatan Banama Tingang, yakni Desa Bawan ketinggian air sebelumnya 36 cm, kini naik 41 cm. Desa Goha Ketinggian air sebelumnya 35 cm, naik 60 cm. Desa Pahawan ketinggian air sebelumnya 20 cm, naik 70 cm.

Desa Ramang ketinggian air sebelumnya 30 cm, naik 70 cm. Desa Hanua Ketinggian air sebelumnya 30 cm, naik 75 cm. Desa Hurung sebelumnya 38 cm, kini 67 cm. Desa Lawang Uru Seberang sebelumnya 33 cm, kini 65 cm. Desa Tangkahen ketinggian air sebelumnya 50 cm, naik 63 cm.

Terpisah, Camat Kahayan Tengah Siswo mengatakan, kenaikan debit air pada Kamis kemarin, cukup cepat mencapai 10 cm lebih sejak pagi.

“Untuk jalan terendam sekarang sudah mencapai 1,5 km, dan antrean semakin panjang, sehubungan semakin panjangnya jalan yang terendam. Juga disebabkan mobil-mobil kecil yang nekat masuk banjir dan mesin macet,” bebernya.

Siswo menambahkan, pihaknya telah menerima bantuan dari pengusaha Desa Lawang Uru, Eferi Joni yang memberikan 20 dus mi, 10 dus air mineral, 4 sak beras, 5 dus biskuit, dan 1 dus minuman energi untuk meningkatkan stamina tubuh, serta beberapa bantuan lainnya.

Sementara personel pos lapangan yang bertugas di Kecamatan Kahayan Tengah terdiri dari TNI, Polri, BPBD Dinsos Provinsi dan Dinsos Kabupaten Pulpis, Kecamatan Kahayan Tengah, dan Relawan BPK Semangat Baru Kapuas. c-mye

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *