BMKG: Waspada Potensi Hujan Intensitas Lebat di Kalteng

  • Bagikan
Waspada Potensi Hujan Intensitas Lebat di Kalteng

** Hujan Intensitas Lebat di Kalteng 7 -13 September 2021

PALANGKA RAYA – Intensitas hujan tinggi yang terjadi di beberapa wilayah di Kalteng, terus masih terjadi hingga beberapa waktu ke depan. Berdasarkan prakiraan cuaca mingguan dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Kalteng, sebagian wilayah di provinsi itu berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

Menurut Prakirawan BMKG Kalteng di Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Ika Priti Widyastuti, potensi tersebut terjadi pada periode 7-9 September pada beberapa kabupaten seperti Kobar, Lamandau, Seruyan, Kotim, Katingan, Gumas, Kapuas, Palangka Raya, Barut, Barsel, Bartim dan Murung Raya.

Sementara di periode 10-13 September ada penambahan wilayah untuk potensi terkait seperti Sukamara dan Pulang Pisau. Maka peringatan dini yang dikeluarkan adalah waspada  potensi hujan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir/kilat serta angin kencang di sebagian wilayah Kalteng.

Lalu diharapkan juga waspada potensi adanya genangan air, banjir dan pohon tumbang akibat hujan sedang atau lebat, yang disertai petir/kilat dan angin kencang. Untuk perairan selatan Kalteng juga diharapkan waspada potensi gelombang tinggi berkisar 0.5-1.5 meter, bagi warga yang tinggal di kawasan pesisir serta berhati-hati ketika beraktivitas di laut.

Diimbau juga untuk waspada potensi kemudahan terjadinya Karhutla di beberapa wilayah di Kalteng, yang ditinjau dari parameter cuaca. Maka diharapkan masyarakat untuk tidak melakukan upaya pembersihan dan pembukaan lahan, dengan cara bakar.

“Untuk kondisi cuaca di Kalteng, umumnya berawan hingga hujan ringan dan berpotensi hujan sedang dan lebat disebagian wilayah. Suhu udara sendiri berkisar antara 22 derajat C hingga 32 derajat C,” jelasnya. Dirinya menambahkan kelembapan udara sendiri berkisar antara 65 persen – 100 persen, yang mana angin umumnya bertiup dari arah timur-barat daya, dengan kecepatan 10-20 km/jam.drn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *