Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

  • Bagikan
Warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa tinggal sementara di tenda pengungsian. SUSENO

KASONGAN/TABENGAN.COM- Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Katingan khususnya di 5 kecamatan sudah berlangsung selama 3 hari. Akibat banjir sejumlah warga mulai terserang penyakit mual-mual, muntah, demam, dan tidak mau makan, Rabu (8/9/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dr Robertus Pamuriyanto mengatakan, para petugas medis dari tim kesehatan Pemerintah Kabupaten Katingan standby di tenda-tenda pengungsian, Pustu maupun Puskesmas, sehingga warga yang sakit langsung ditangani.

Jika sakitnya terlihat parah, kata Robertus, akan dilakukan rujukan ke RSUD Palangka Raya atau RSUD Mas Amsyar yang sekarang dialihkan ke Hotel Katingan lantaran tergenang banjir.

“Untuk tenaga kesehatan kita sudah siapkan di posko-posko pengungsian, obat-obatan juga tersedia cukup. Selama ini ada warga di pengungsian yang mengeluh sakit namun hanya sakit ringan seperti demam, mual, muntah serta tidak mau makan, sedangkan untuk diagnosisnya saya tidak bisa ngomong karena harus betul-betul diperiksa,” kata Robertus, Rabu.

Menurut Robertus, pihaknya dalam menangani banjir sudah berkoordinasi lintas sektor baik kecamatan, desa, Babinsa, Babinkamtibmas, petugas kesehatan ini semuanya sudah berjalan dengan baik.

Lanjut Robertus, dengan koordinasi yang baik maka apabila ada warga yang sakit langsung dapat tertangani, sedangkan yang sakit parah dibawa ke Puskesmas kota di kecamatan, selanjutnya di rujuk ke rumah sakit.

“Dari keluhan yang sakit sudah dapat kita tangani dan kita mengimbau di saat banjir bahkan pascabanjir nanti masyarakat agar dapat menjaga diri dengan menjaga kesehatannya seperti minum air bersih, cuci tangan, makan makanan yang higienis, menjaga lingkungan tetap bersih,” katanya. c-sus

Penulis: SusenoEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *