17 Ribu KK di Katingan Terdampak Banjir

  • Bagikan
EVAKUASI- Warga yang sedang sakit saat dievakuasi menggunakan perahu menuju rumah warga lain yang lebih tinggi. SUSENO

KASONGAN/TABENGAN.COM– Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Katingan tahun ini sangat parah. Sedikitnya 17 ribu Kepala Keluarga (KK) di 5 kecamatan terdampak banjir.

Bupati Katingan Sakariyas terus melakukan pemantauan dengan turun langsung meninjau lokasi-lokasi banjir serta mengevakuasi warga yang masih bertahan di rumah untuk dapat tinggal di pengungsian.

“Katingan ada 13 kecamatan. Ada 5 kecamatan yang saat ini terdampak bencana banjir, bahkan ada 17 ribu KK yang terdampak banjir dan dalam satu keluarga pasti minimal ada 4 orang, sehingga kondisi banjir saat ini sangat urgen,” kata Bupati Katingan Sakariyas, Selasa (7/9).

Menurut Sakariyas, kecamatan yang terendam cukup parah yakni Kecamatan Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kamipang. Bahkan di Kecamatan Katingan Hilir dan Tasik Payawan seperti di Desa Liting, Luwuk Kiri, Luwuk Kanan, Tewang Kadamba ketinggian air ada yang mencapai atap rumah warga.

Dijelaskan, pemerintah daerah sudah bikin tempat untuk mengungsi dengan dapur umum, bahkan ada dapur umum khusus yang menyediakan dan memasak makan siap dimakan, diantar ke pengungsi atau warga yang bertahan di rumah.

“Warga yang bertahan di rumah sebagian sudah dievakuasi ke pengungsian dengan cara dijemput menggunakan perahu atau digendong karena jalan terendam cukup tinggi dan berarus deras,” katanya.

Bupati mengingatkan masyarakat pengguna jalan baik yang dari arah Palangka Raya menuju Sampit maupun sebaliknya agar tidak melintas terlebih dahulu di ruas Jalan Kasongan-Kereng Pangi. Karena banjir merendam ruas jalan bahkan ada jembatan gorong-gorong yang ambruk. Kendaraan yang nekat melintas banyak mogok di tengah jalan. c-sus

Editor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *