RSUD Mas Amsyar Kasongan Terendam, Pasien Dialihkan ke Hotel Katingan

  • Bagikan
TERENDAM- Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Katingan kini semakin parah. RSUD Mas Amsyar yang tidak pernah terkena banjir kali ini sudah terendam. Tampak Bupati Katingan Sakariyas saat berada di ruang IGD, Selasa (7/9/2021). SUSENO

KASONGAN/TABENGAN.COM– Bencana banjir bukan hanya melumpuhkan aktivitas warga dan merendam rumah-rumah warga, tapi juga merendam fasilitas pelayanan kesehatan, seperti RSUD Mas Amsyar Kasongan yang kini terendam banjir.

Ketinggian air di RSUD Mas Amsyar Kasongan mencapai lutut orang dewasa, sehingga pelayan rumah sakit dialihkan ke Hotel Katingan, karena Hotel Katingan keberadaannya cukup tinggi.

Bupati Katingan Sakariyas saat meninjau kondisi banjir di wilayah Kecamatan Katingan Hilir, langsung menuju RSUD Mas Amsyar Kasongan. Bupati kaget melihat lantai ruang IGD dan sejumlah ruang rawat inap kebanjiran.

“Saya merasa prihatin dengan kondisi RSUD Mas Amsyar Kasongan yang kebanjiran, karena selama ini rumah sakit tersebut tidak pernah kebanjiran, kecuali di halaman,” kata Sakariyas, Selasa (7/9).

Bupati juga mengingatkan agar diperhatikan masalah listrik. Jangan sampai ada colokan atau kabel di RSUD Mas Amsyar yang terendam dan ini harus diperhatikan.

“Rata-rata banjir yang menggenangi RSUD Mas Amsyar ini ketinggiannya mencapai setengah lutut orang dewasa, terutama di ruang IGD. Sedangkan di halaman rumah sakit ketinggian banjir lebih selutut orang dewasa. Sekarang jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit ini sebanyak 9 orang,  3 pasien sudah dievakuasi di Hotel Katingan,” kata dr Agnes kepada Bupati Katingan Sakariyas.

Menurut Agnes, banjir di RSUD ini berlangsung sejak Senin (6/8) malam.

Hingga Selasa (7/9) siang, ketinggian banjir terus bertambah, sehingga saat ini pihaknya sementara tidak melayani pasien rujukan dari Puskesmas.

Lanjut Agnes, jika ada pasien rujukan dari Puskesmas disarankan langsung ke RSUD Doris Sylvanus Palangaka Raya dan terkait rujukan pihaknya sudah berkoordunasi dengan BPJS. Sedangkan bagi warga yang ingin berobat ke RSUD Mas Amsyar Kasongan sementara pelayanan dialihkan di Hotel Katingan.

c-sus

Penulis: SusenoEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *