Aktivitas di Pulau Malan Lumpuh Total

  • Bagikan
Kondisi kantor dan rujab Camat Pulau Malan

KASONGAN/TABENGAN.COM – Hampir semua aktivitas masyarakat di sejumlah desa di wilayah kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan lumpuh total. Demikian yang dikatakan Camat Pulau Malan aulus Viktor kepada sejumlah media, Senin sore (6/9) tadi.

Pasalnya, debit air di wilayahnya kian waktu terus meningkat, lantaran hujan siang dan malam setiap harinya mengguyuri wilayah yang dipimpinnya saat ini.

Dengan semakin meningkatnya guyuran hujan, diiringi pula dengan semakin bertambah meningkatnya ketinggian banjir, menurutnya berimbas pula terhadap ruas jalan yang semakin sulit untuk dilintasi.

“Bahkan, kantor Kecamatan beserta rumah jabatan (rujab) Camatnya-pun tidak luput dari musibah banjir saat ini,” ujarnya.

Di tempat terpisah Camat Tewang Sangalang Garing (TSG) Dawit,  saat dikonfirmasi tentang kondisi banjir saat ini, kepada sejumlah media mengatakan bahwa di wilayah kecamatan yang dipimpinnya, pada Senin sore (6/9) ini keadaan air terus bertambah tinggi.

“Dengan semakin bertambahnya air, mengakibatkan warga setempat kesulitan. Bukan hanya sulit beraktivitas saja, tapi untuk isterahat tidur pun tidak bisa.

Sehingga, sebagian warga setempat ada yang mengungsi ke tempat keluarganya yang berada di Kasongan, dan di kota Palangka Raya,” ujarnya.

Dan, lanjutnya, sebagian juga mengungsi di pastori, di Kantor UPTD Pertanian, di Posko dapur umum dan di Posko Kesehatan.

Sedangkan pihak kecamatan setempat menurutnya, selain membantu warga korban musibah banjir untuk mengevakuasi ke tempat pengungsian bagi yang bersedia untuk diungsikan, juga ikut membagi-bagikan nasi bungkus kepada korban banjir.

Terkait dengan pengevakuasian dari rumah ke tempat pengungsian, menurutnya meskipun berjalan lancar, namun pihaknya menurutnya menemui kendala saat di lapangan. “Karena terbatasnya armada untuk mengevakuasi warga setempat,” aku mantan salah satu Kabid di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ini. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *