Puskesmas Pendahara Evakuasi Pasien

  • Bagikan
EVAKUASI PASIEN- Tampak petugas Puskesmas Pendahara, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan bersama jajaran kecamatan dan Polsek setempat saat mengevakuasi pasien, Senin (6/9).ISTIMEWA

PALANGKA RAYA– Banjir yang melanda Kalimantan Tengah (Kalteng) kian parah, bahkan semakin meluas. Selain merendam permukiman warga, banjir kali ini juga merendam fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Salah satunya Puskesmas Pendahara, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan. Parahnya, pihak Puskesmas setempat terpaksa harus mengevakuasi pasien agar tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Pendahara Sandry Oktaviyanti saat dihubungi Tabengan, Senin (6/9). Menurutnya, banjir kedua yang melanda daerah tersebut kondisinya cukup parah. Meski demikian, pihaknya tetap berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk masyarakat.

Bahkan, kata dia, sejumlah pasien yang memerlukan penanganan dan pelayanan kesehatan khusus harus mereka evakuasi karena bangunan Puskesmas yang ada sekarang ini sudah terdampak banjir.

“Tadi ada beberapa pasien yang memerlukan penanganan khusus yang sudah kita evakuasi. Untuk tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih optimal lagi,” kata Sandry.

Dikatakan, saat ini sudah ada 2 posko yang dibangun di daerah tersebut, baik yang dibangun untuk mengevakuasi warga yang kebanjiran maupun warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Banjir kedua ini cukup parah, untuk mengantisipasi hal ini sudah dibangun posko lintas sektoral dari kecamatan, Polsek maupun BPBD. Posko ini bukan hanya berfungsi untuk pelayanan kesehatan, tapi untuk evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir cukup parah,” ungkapnya.

Pihaknya dari Puskesmas, kata dia, tetap memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, karena bantuan dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan sudah sampai di lokasi. “Untuk bantuan sudah sampai, saat ini pelayanan tetap kita berikan optimal,” pungkasnya. sgh

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *