Banjir Meninggi, Truk Terbalik

  • Bagikan
ISTIMEWA TERBALIK- Panjangnya antrean dan kondisi jalan rusak akibat banjir menyebabkan truk bermuatan terbalik.

*Debit Air Banjir Katingan Naik 1 Meter
PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Salahudin melalui Sekretaris BPBD Rudi Purwadi, Kamis (2/9), mengatakan, ada beberapa desa di Kecamatan Banama Tingang diterjang banjir.

Antara lain, Desa Lawang Uru (belum update ketinggian air), Desa Hurung ketinggian air mencapai 70 cm, Desa Hanua (belum update ketinggian air), Desa Ramang mencapai 20-50 cm, Desa Pahawan mencapai 30-40 cm dan Desa Tambak mencapai 150 cm.

Sementara banjir di Kecamatan Kahayan Tengah, kata Rudi, tinggi debit air di Jalan Lintas Trans Kalimantan, Desa Penda Barania mengalami kenaikan kurang lebih 5 cm.

“Untuk Kecamatan Kahayan Tengah yang terdampak sebanyak 6 Kepala Keluarga (KK) di Desa Balukon Seberang, dan Penda Barania 45 KK,” ujar Rudi.
Dikatakan, banjir mengenangi Jalan Poros Lintas Kalimantan Palangka Raya-Kuala Kurun, Desa Penda Barania. Air mulai naik di jalan lintas sejak Senin, 30 Agustus 2021.

“Saat kondisi debit air naik 5 cm pada awal 15 cm, titik terendah menjadi 20 cm, sedangkan titik tertinggi 70 cm menjadi 75 cm dengan panjang banjir kurang lebih 650 meter,” beber Rudi.

Sementara, kondisi antrean mobil di poros lalu lintas mengalami antrean panjang mencapai 3 kilometer dan malam hari hampir mencapai 5 kilometer. Bahkan, ada truk yang sarat muatan terbalik. Tidak menutup kemungkinan air akan terus meninggi. Penguna jalan diimbau berhati-hati karena banyak lubang di kiri-kanan jalan.

Upaya yang dilakukan, lanjut Rudi, terus berkoordinasi dengan Polsek Kahayan Tengah, pengamanan jalan lalu lintas di kawasan banjir di Desa Penda Barania, dan juga melakukan pendataan jumlah KK yang terdampak.

Jumlah sarana prasarana yang sudah diterjunkan sebanyak 2 unit mobil pikap, 2 unit speed boat. Jumlah personel di lapangan, BPBD Pulpis, Tagana Pulpis, Balakar Semangat Baru Kapuas, Dishub Provinsi, Satpol PP, TNI dan Polri.

Banjir Katingan

Belum sampai satu pekan banjir di wilayah hulu Katingan, kini debit air naik lagi dengan kisaran 40-50 cm. Bahkan, ada yang mencapai 1 meter.

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo melalui Kapolsek Katingan Hulu Ipda Sugeng saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, membenarkan debit air di wilayah hulu Katingan naik lagi.

Menurutnya, di sekitar Pasar Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu debit air banjir sudah mencapai 1 meter. “Bahkan, di dataran rendah mencapai 2 meter,” kata Sugeng.

Adapun  data debit air di Kelurahan Tumbang Sanamang untuk sementara sesuai yang dilaporkan Kapolsek Katingan Hulu, Kamis (2/9) sekitar pukul 12.30 WIB, sekitar 1 meter di atas permukaan tanah.

Naiknya debit air ini mengakibatkan sekitar 210 unit rumah warga dan fasilitas pendidikan SMP Muhammadiyah ikut terendam banjir.c-mye/dar

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *