JALAN BUKIT RAWI LUMPUH

  • Bagikan
TABENGAN/YULIANUS BANJIR – Antrean panjang kendaraan terlihat di ruas Jalan Trans Kalimantan Desa Bukit Rawi terendam banjir yang menghubung ke beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah serta Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (1/9)

**BPTD dan Dishub Kalteng Terjunkan Petugas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Hujan yang mengguyur Kalimantan Tengah membuat sejumlah wilayah dilanda banjir, termasuk ruas Jalan Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau. Jalan nasional yang menghubungkan ke Kota Palangka Raya itu lumpuh total.

Dari pantauan, Rabu (1/9), puluhan kendaraan roda 4 maupun roda 6 terjebak banjir. Tingginya debit air yang menggenangi ruas jalan tersebut, membuat para pengendara tidak dapat berbuat apa-apa. Semua hanya bisa bersabar menunggu giliran. Antrean sangat panjang mengular.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Kalteng Buang Turasno menjelaskan, banjir yang terjadi di Jalan Bukit Rawi memang menjadi salah satu yang rutin dilakukan pemantauan dan pengawasan oleh BPTD Kalteng bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kalteng.

Tidak hanya tahun ini, tahun-tahun sebelumnya ketika air merendam ruas Jalan Bukit Rawi, BPTD  Wilayah XVI Kalteng bersama Dishub Kalteng juga menurunkan petugas.

Menurut Buang, petugas sudah diturunkan dalam melakukan pengawasan dan mendukung pengaturan arus lalu lintas di daerah tersebut. Petugas yang diterjunkan ke lapangan bertujuan untuk mengarahkan para pengendara, menghindari bagian jalan yang berlubang, demi mencegah terjadinya kecelakaan.

“Tidak saja mengarahkan kendaraan, petugas juga memasang tanda lokasi yang dihindari untuk dilalui. Umumnya karena genangan air dalam, yang disebabkan oleh kerusakan jalan. Petugas yang disiagakan berupaya mengatur lalu lintas, tidak saja aman tapi juga lancar,” kata Buang, saat dikonfirmasi, Rabu.

Dia menegaskan, tim sudah disiagakan dan diturunkan untuk melakukan pengawasan, juga melancarkan arus lalu lintas. Petugas yang ada diharapkan dapat membantu para pengendara yang melintas dan memberikan kenyamanan serta keamanan selama melintasi arus yang terendam air.

Senada dengan Kepala BPTD Wilayah XVI Kalteng Buang Turasno, Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Kalteng Andreas Palem Santosa mengatakan, tim sudah diturunkan untuk melakukan pengawasan terhadap kendaraan yang melintas. Tim disiagakan di sejumlah titik yang memang sangat rawan untuk dilalui.

Catatan, kata Andreas, tim yang diturunkan adalah tim bersama dengan pihak Balai. Bagaimanapun, ruas Jalan Bukit Rawi merupakan jalan nasional, sehingga menjadi kewenangan pihak Balai. Namun demikian, Dishub Kalteng siap berkoordinasi apabila memang ada hal-hal yang memerlukan dukungan Dishub Kalteng. ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *