Tangan Dingin Perdie-Rejikinoor Hasilkan Pembangunan Signifikan

  • Bagikan
Bupatio Murung Raya Perdie M Yoseph dan isteri

 

PURUK CAHU/TABENGAN.COM– Pasangan Perdie M Yoseph dan Rejikinoor sebagai Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya dalam memimpin daerah tersebut tidak diragukan lagi kredibilitasnya.

Layaknya buah pemikiran dari Perdie yang telah memimpin Mura selama 2 periode, yaitu dengan visi ‘Terwujudnya Masyarakat Murung Raya yang Sejahtera dan Bermartabat Melalui Pembangunan Berbasis Perdesaan Menuju Murung Raya Emas 2030’ menjadikan motor Pemkab setempat selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Sejumlah program unggulan selama era kepemimpinan Perdie hingga hari ini seperti Kartu Murung Raya Cerdas (KMC) telah diberikan kepada siswa-siswi untuk kategori mampu sebanyak 7.270 orang.

Selanjutnya, sejak 2019-2023, Pemkab Mura telah menganggarkan miliaran rupiah untuk mahasiswa daerah tersebut dari jenjang D1 sampai S2, dengan bantuan sebesar Rp10 juta per orang.

Kemudian, di periode kedua ini juga ada program bantuan alat berat untuk 10 kecamatan yang diberikan bertahap, dan telah terealisasi 2 kecamatan, yaitu Permata Intan dan Tanah Siang.

Kendati masih di masa pandemi Covid-19, Perdie tetap semangat merealisasikan janji politiknya dalam membangun daerah. Baru-baru tadi, warga Tumbang Lahung, Kecamatan Permata Intan bisa tersenyum lebar karena mengalirnya air di setiap rumah berkat diselesaikannya unit air bersih Perumda Danum Pemolum yang diresmikan langsung oleh Perdie M Yoseph.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Rejikinoor juga melakukan peresmian pengaktifan jaringan listrik di Desa Panu’ut, Kecamatan Murung dan Desa Batu Mirau, Tumbang Apat, Tumbang Kolon, Kecamatan Sungai Babuat.

Aktifnya jaringan listrik di 5 desa tersebut sontak saja mendapat sambutan antusias yang tinggi dari warga masing-masing desa. Berdasarkan Rasio Elektrikfikasi (RE) 50 desa di wilayah Mura sudah teraliri jaringan listrik. Sementara 15 desa lagi mendapat bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (PLTSHE) tahun 2019 Program Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Kalteng.

Bukan hanya cukup sampai di situ, demi meningkatkan kinerja pemerintahan, perekonomian dan demi menyejahterakan masyarakat, Pemkab Mura juga menggagas Program 1,5 Miliar 1 Desa 1,5 Miliar 1 Kelurahan dan program dimaksud hingga berakhirnya masa jabatan Perdie yang menyisakan 2 tahun lagi masih akan terus berlanjut.

 Sementara itu, dalam bidang kesehatan, Perdie-Rejikinoor (Pro) juga meluncurkan Program Kartu Murung Raya Sehat (KMS) yang telah diintegrasikan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dengan jumlah peserta sebanyak 72.551 orang. Pendanaannya bersumber dari APBD Mura.

Belum lagi bagi masyarakat penyandang disabilitas, lansia dan anak telantar, Pemkab memberikan bantuan sosial melalui Program Kartu Murung Raya Sejahtera menyalurkan bantuan sebesar Rp500.000 yang disalurkan setiap 3 bulan.

Perdie juga menerima sejumlah penghargaan, seperti dari Komisi Informasi (KI) Kalteng dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 dengan meraih peringkat III di kategori Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten dan Kota se-Kalteng. Pada 2019 Pemkab Mura juga mendapat penghargaan Kategori mail.go.id dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Terakhir, Perdie dalam kepiawaiannya juga diberikan status Warga Kehormatan pada 2 Juli 2021 oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan direncanakan pada 2022 Mura akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN)  Tingkat Provinsi Kalteng. c-sjs

Penulis: Joko SEditor: DKA
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *