KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KERENG BANGKIRAI- Tim Fakultas Kedokteran UPR Demonstrasi Alat Kristalizer Pembuat Serbuk Jamu Instan

  • Bagikan
PENGABDIAN MASYARAKAT  - Foto bersama Tim Fakultas Kedokteran UPR, Elsa Trinovita, M.Si., Apt selaku ketua tim, Fatmaria, S.Farm., Apt, dr.Francisca Diana Alexandra, M.Sc dibantu oleh mahasiswa FK UPR dan Lurah Kelurahan Kereng Bangkirai Fitrinurrahman, S.Pd.I dan Kepala Puskesmas Kereng Bangkirai, Hellyana, S.Kep., Ns pada 28 Agustus 2021 di Aula Kelurahan Kereng Bangkirai.ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Salah satu kegiatan sivitas akademika dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu,  peranan para dosen sebagai sivitas akademika sangat penting bagi kemajuan institusinya.

Tim Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya yang terdiri dari Elsa Trinovita, M.Si., Apt selaku ketua tim, Fatmaria, S.Farm., Apt, dr.Francisca Diana Alexandra, M.Sc dibantu oleh mahasiswa FK UPR terlibat pada kegiatan pengabdian masyarakat pada program Dosen Pendamping Wirausaha Masyarakat (PDPWM) yang berjudul “Penerapan Teknologi Metode Kristalisasi Sederhana Dalam Pembuatan Serbuk Minuman Herbal Instan Berbasis Kemandirian Perekonomian dan Kesehatan bagi Masyarakat di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2021 di Aula Kelurahan Kereng Bangkirai dengan sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Kereng Bangkirai dengan jumlah peserta 15 orang.

Pembatasan peserta dalam kegiatan ini menyesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat selama masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lurah Kelurahan Kereng Bangkirai yaitu Bapak Fitrinurrahman, S.Pd.I dan Kepala Puskesmas Kereng Bangkirai, yaitu Ibu Hellyana, S.Kep., Ns.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah/penyuluhan terkait topik imunitas tubuh, alur pendaftaran serbuk jamu instan dan pengenalan alat kristalizer yang diikuti dengan demonstrasi alat kristalizer pembuat serbuk jamu instan serta evaluasi pengetahuan peserta dengan memberikan pre-test/pos-test dalam bentuk link google form. Pembuatan jamu dalam bentuk serbuk bertujuan untuk memperpanjang umur simpan dan praktis dalam penggunaannya.

Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan terjadinya dialog interaktif antara peserta dengan narasumber terkait. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan plakat dan alat kristalizer pembuat serbuk jamu instan secara simbolis kepada pihak Kelurahan Kereng Bangkirai yang diwakili oleh Bapak Fitrinurrahman, S.Pd.I selaku Lurah Kelurahan Kereng Bangkirai serta foto bersama.

Diharapkan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan informasi secara ilmiah dan meningkatkan produktivitas ibu-ibu di Kelurahan Kereng Bangkirai dalam memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah  (UMKM) di Kelurahan Kereng Bangkirai serta khususnya dalam perekonomian keluarga. ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *