Revisi UU Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah

  • Bagikan
Freddy Ering, Ketua Komisi I Bidang Keuangan DPRD Kalteng

*Daerah Sambut Baik Prolegnas DPR RI 2022

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Sebagaimana dimaklumi dalam pidato pembukaan Ketua DPR RI Puan Maharani saat Pidato Kenegaraan Presiden tentang Nota Keuangan dan RAPBN 2022, antara lain menyinggung target prioritas Prolegnas 2022, salah satunya RUU Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, merupakan angin segar sangat disambut baik oleh daerah.

Freddy Ering, Ketua Komisi I Bidang Keuangan DPRD Kalteng melihat hal itu sebagai sesuatu yang melegakan, karena memang sudah menjadi aspirasi dan tuntutan sekian lama. Mengingat undang-undang yang ada saat ini, yaitu Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 dirasakan sudah tidak relevan, merugikan daerah dan memang sudah tidak representatif.

“Merugikan daerah karena besaran persentase bagi hasil pajak maupun sumber daya alam (migas, mineral, kehutanan dan perikanan),” kata Freddy.

Menurut Freddy, selain soal besaran persentase bagi hasil juga perlunya revisi UU Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, dalam hal sumber daya alam selain mineral, migas, kehutanan dan perikanan, mendesak untuk diakomodir untuk dibagihasilkan antara lain bidang perkebunan, khususnya hasil perkebunan sawit baik TBS maupun CPO.

“Kalteng misalnya dengan areal sawit yang mendekati 1,5 juta ha, dengan ratusan industri serta jutaan ton CPO yang dihasilkan, belum sama sekali memberikan manfaat dan kontribusi bagi daerah,” kata Freddy.

Ini tentu sesuatu yang ironis, kata Freddy, dengan adanya revisi UU Nomor 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah kiranya akan membawa angin segar bagi daerah, termasuk Kalteng dalam memperkuat kapasitas fiskal daerah guna memenuhi kebutuhan anggaran pembangunan.

“Dalam hal ini sangat kami harapkan agar DPR RI dalam pembahasan RUU tersebut sungguh-sungguh menyerap dan mendengarkan aspirasi dari daerah-daerah,” pungkas Freddy. ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *