Selama Pandemi, Usaha Florist Kebanjiran Order

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Sudah sejak lama, bunga dijadikan sebuah ungkapan rasa, atau bahkan sebuah bahasa simbol yang menyiratkan kesan tertentu. Bunga digunakan untuk ungkapkan perasaan cinta, pengganti ucapan selamat atau kebanggaan dan juga duka.

Terlebih pada masa pandemi yang sudah kurang lebih 2 tahun ini. Banyak sekali ucapan duka dan kesedihan dinyatakan melalui bunga.

Sebuah UKM di bidang florist, Amanda Borneo Florist sejak melonjaknya kasus kematian akibat Covid-19 mengaku terus kebanjiran orderan rangkaian bunga bagi keluarga yang berduka. Bahkan, sampai tidak dapat diingat berapa jumlah yang memesan bunga ucapan duka tersebut.

“Selama pandemi justru banyak order msuk untuk kedukaan melayani dengan cepat kadang harus antar sampai ke makam,” beber pemiliki Amanda Borneo Florist Erik Lidesie SP, Kamis (19/8).

Usaha Florist yang beralamat Jalan Antang No.221 ini juga mengatakan bahkan selama pandemi ini, rangkaian bunga ucapan duka orderannya melebihi ucapan selamat atas wisuda atau ucapan pada acara pernikahan.

“Untuk bunga ucapan, wisuda pelantikan maupun wedding rata-rata 5-10 per bulan,” imbuhnya.

Usaha yang dimulai sejak 2003 itu, juga sempat mengalami kendala oleh karena dampak pandemi. Diberlakukannya PPKM, sempat menggangu lalu lintas pengadaan bahan baku.

Dikatakannya, bahwa bunga segar 3 kali seminggu selama pandemi dan PPKM terkadang harus kirim melalui Banjarmasin karena tidak adanya  penerbangan. Sedangkan bunga segar didatangkan dari wilayah Batu, Malang Jawa Timur dan terkadang dari DKI Jakarta.

Sambil, mengingat kembali, Erik Lidesie mengatakan bahwa kurang lebih 18 tahun lalu. Pengalaman merangkai bunga di dapatnya dari Almarhumah Ibu Entik Dewabrata, seorang perangkai bunga di lingkungan istana negara saat menjadi pemateri dan juri yang diselenggarakan GOW Kalteng sekitar pertengahan 2000-an.

“Profesi merangkai bunga harus tekun. Terkadang melayani tak hanya di kota saja, beberapa kabupaten di sekitar juga dilayani, sepanjang alur jalannya lancar,” ucapnya. dsn 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *