Ratusan Angka Positif Itu Penyesuaian NAR

Suyuti Syamsul
Suyuti Syamsul

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dua hari terakhir, Kalimantan Tengah (Kalteng) dihebohkan dengan angka terkonfirmasi positif yang melonjak cukup tajam. Tidak tanggung-tanggung, data yang dirilis Satgas Covid-19 Kalteng pada Sabtu (7/8) lalu, angka terkonfirmasi positif mencapai 942 orang. Jumlah terpapar paling tinggi di Palangka Raya 692 orang.

data covid sabtu

Data yang dirilis tersebut, pada bagian pojok kiri bawah dicantumkan penjelasan bahwa kasus di Palangka Raya sebanyak 602 kasus, merupakan data tunda yang menyesuaikan dengan New All Record (NAR). Artinya, kasus terkonfirmasi pada Sabtu hanya berjumlah 90 orang. Sebanyak 54 dinyatakan sembuh, sehingga penambahan pasien dalam perawatan di Palangka Raya berjumlah 36 pasien.

Menyikapi data tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul menjelaskan, tidak ada penambahan atau lonjakan angka atau kasus terkonfirmasi positif sebanyak itu dalam satu hari. Data terkonfirmasi positif sebanyak 600 lebih di Palangka Raya, merupakan data lama yang baru di input, menyesuaikan NAR.

“Itu data lama yang belum dilaporkan oleh kota ke provinsi. Data tersebut merupakan NAR yang sudah lama ada. Input data yang dilakukan pemerintah Palangka Raya atas penambahan tersebut, tidak akan memengaruhi data yang sudah disampaikan ke pusat, karena merupakan data lama. Lebih jelasnya, silakan hubungi Dinas Kesehatan Palangka Raya,” kata Suyuti, saat dikonfirmasi terkait angka terkonfirmasi positif yang sangat tinggi terjadi pada Sabtu kemarin, via telepon, Minggu (8/8).

Suyuti tidak menjelaskan lebih jauh, mengapa data sampai tertunda diinput. Demikian pula terkait dengan makna penyesuaian di NAR.

Senada, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) Kalteng Erlin Hardi menyampaikan, data kasus terkonfirmasi yang sangat tinggi itu merupakan penyesuaian saja. Namun demikian, lebih jelasnya dapat mengkonfirmasi ke Dinas Kesehatan Palangka Raya, sebab provinsi hanya melakukan kompilasi.

Sementara itu, data terbaru yang dirilis Satgas Covid-19 Kalteng, angka terkonfirmasi pada Minggu (8/8) mencapai 294 orang. Di Palangka Raya, terkonfirmasi positif berjumlah 80 orang, dengan jumlah angka kesembuhan mencapai 710 pasien, sehingga terjadi penurunan pasien yang menjalani perawatan sebanyak 636 pasien. Pada rilis ini, kembali disampaikan bahwa ini penyesuaian dengan NAR. ded/hil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.