Cekcok Keluarga Hanguskan 30 Rumah di Tumbang Rungan

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kebakaran hebat kembali terjadi di Kota Palangka Raya.Setelah menghanguskan puluhan rumah di Jalan Mendawai, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, kebakaran kembali terjadi di RT 02 RW 1, Kelurahan Tumbang Rungan, Kecamatan Pahandut, Selasa (3/8) sekitar pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 30 unit rumah, 2 bangunan sarang burung walet, TPA Al quran dan 5 buah warung dilaporkan ludes terbakar dalam insiden yang terjadi di siang bolong tersebut.

Bangunan yang hampir keseluruhan semi permanen dengan terbuat dari kayu beratapkan seng, membuat api leluasa untuk membesar dan menyebar hingga membakar seluruh hunian warga yang saling berdekatan dengan luasan mencapai 100×60 meter persegi.

Satu jam berselang, api berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dari Damkar Kota, BPK Swakarsa dan personel Polda Kalimantan Tengah.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Sandi Alfadien Mustofa melalui Kasat Reskrim Kompol Todoan Agung Gultom mengatakan, kebakaran bermula ketika salah satu warga setempat bernama Abdullah (46) sedang cekcok mulut dengan istrinya karena dituduh telah berselingkuh.

Karena pertikaian tersebut, Abdullah lalu mengambil sebuah korek dan menumpahkan bensin di kasur yang terletak di dekat jendela dan membakarnya. Akibat perbuatannya itu, api lantas seketika membesar dan membakar pemukiman yang ada.

“Terduga pelaku pembakaran sudah kita amankan ke Mapolresta. Kerugian diperkirakan mencapai Rp2 miliar. Saksi-saksi sejauh ini masih kita kumpulkan untuk dimintai keterangan, termasuk istri dari terduga pelaku,” katanya.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya Gloriana melalui Komandan Regu Rescue, Sucipto mengatakan, kendala sempat ditemui pihak petugas karena akses jalan menuju lokasi kebakaran cenderung kecil.

“Tadi kita sedikit terbantu masalah air karena lokasi kejadian berdekatan dengan Sungai Kahayan. Untuk korban jiwa dipastikan tidak ada, hanya ada warga yang tidak sadarkan diri karena melihat rumahnya ludes terbakar,” katanya.

Sementara, Agustinus, Ketua RT setempat, mengungkapkan, kebakaran terjadi kira-kira pukul 14.00 WIB. Api diduga berasal dari rumah Abdullah, warga setempat yang tengah mabuk. Akibat kejadian itu 30 rumah dan 2 bangunan sarang burung walet ludes terbakar dari 39 kepala keluarga dan 141 jiwa.

“Orang itu (Abdullah) kalau sudah mabuk datang gilanya. Sebelumnya sudah 2 kali hancurin rumah. Sekarang orangnya sudah diamankan ke Polresta,” ungkapnya.

Senada, Rahma, warga sekitar mengatakan jika saat itu ia sedang santai di depan rumah. Lalu dari rumah milik Abdullah keluar api yang cepat membesar dan membakar rumah tetangga yang lain.

“Dia (Abdullah) sendiri yang membakar. Alasannya saya kurang tahu, tapi tadi kata anak-anaknya ayahnya ngancam pakai pisau kalau perbuatannya itu dihentikan,” aku wanita 35 tahun tersebut.

Usai kebakaran, Tim Inafis Polresta Palangka Raya langsung melakukan penyelidikan terkait asal mula kebakaran yang terjadi di Kelurahan Tumbang Rungan tersebut. fwa

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *