Pemko Siap Salurkan 3.861 Dosis Vaksin Moderna

  • Bagikan
ILUSTRASI VAKSIN MODERNA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Untuk lebih melindungi para tenaga kesehatan (nakes) dari paparan virus Covid-19, seluruh nakes yang ada di Kota Palangka Raya akan segera mendapatkan vaksinasi Moderna sebagai vaksin ketiga dalam waktu dekat ini.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya masih menunggu diserahkannya ratusan vial vaksin Moderna yang sudah berada di Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalteng.

Menurut Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya sekaligus Ketua Tim Tracing Satgas Covid-19 Kota Irma Afsesta, dosis vaksin ketiga sangat penting bagi para nakes.

Tingkat paparan Covid-19 terhadap para nakes sebagai garda terdepan yang menangani pasien konfirmasi positif Covid-19 sangat tinggi. Belum lagi faktor kelelahan akibat melonjaknya kasus positif dalam beberapa waktu terakhir, turut memberikan dampak signifikan bagi daya tahan tubuh para nakes meskipun sebelumnya telah mendapatkan 2 dosis suntikan vaksin.

Menurutnya, diperlukan langkah lebih lanjut guna memberikan kekebalan tubuh tambahan bagi para nakes tersebut, guna meminimalisir jumlah nakes yang terpapar Covid-19 saat bekerja.

“Tidak sedikit nakes kita yang terpapar. Karena mereka bekerja langsung dalam memberikan perawatan bagi mereka yang dinyatakan positif Covid-19, tingkat terpapar mereka lebih tinggi dari masyarakat biasa. Pemko rencananya akan menerima 3.861 dosis vaksin Moderna untuk vaksin ketiga mereka,” tutur Irma saat dikonfirmasi Tabengan, Senin (2/8).

Mengenai pelaksanaan vaksinasi ketiga tersebut, diakui Irma masih dalam tahap pembahasan pihaknya. Namun, begitu vaksin Moderna diterima, akan segera didistibusikan secepatnya di lapangan.

“Rencananya, Senin (2/8) sore ini, akan dilakukan penyerahan vaksin Moderna kepada Pemko. Waktu pelaksanaannya nanti segera kita tentukan saat vaksin sudah diterima. Para nakes yang menerima vaksinasi ketiga ini adalah yang telah divaksin 2 dosis lengkap saat vaksinaai nakes beberapa waktu lalu,” tambah Irma.

Hingga 1 Agustus 2021 dari target 3.512 SDM kesehatan dan nakes yang akan mendapatkan vaksin, vaksinasi dosis pertama telah menyentuh angka 119,36 persen atau 4.192 nakes yang tervaksin. Kemudian dosis kedua ada di angka 110,25 persen atau 3.872 nakes tervaksin.

“Pada vaksinasi pertama dan kedua, telah melebih target yang kita harapkan. Dengan datangnya vaksinasi ketiga ini, diharapkan mampu tersalurkan dengan lancar dan sesegera mungkin demi memberikan perlindungan ekstra bagi para nakes kita,” tukasnya.

Sebelumnya, vaksin Covid-19 Moderna untuk nakes yang ada di Provinsi Kalteng telah tiba di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Kamis (29/7). Vaksin Moderna yang datang sebanyak 1.440 vial dan langsung diterima oleh Kadinkes Kalteng Suyuti Syamsul melalui Kasi Produksi, Distribusi dan Pelayanan Kefarmasian Marlina. rgb/hil

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *