Kalteng Terima 1.440 Vial Vaksin Moderna

  • Bagikan
UNTUK NAKES - Dinkes Kalteng ketika menerima 1.440 Vial Vaksin Moderna. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat kiriman vaksin Covid-19 jenis Moderna. Vaksin sebanyak 1.440 vial itu telah tiba di Palangka Raya dan disimpan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Kamis (29/7).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul menyampaikan, vaksin tersebut selanjutnya akan didistribusikan sesuai kesiapan 13 kabupaten dan 1 kota. Saat ini masih penghitungan kebutuhan sesuai jumlah tenaga kesehatan (nakes) di kabupaten/kota, TNI dan Polri yang bekerja di rumah sakit, Puskesmas dan Klinik TNI/Polri.

“Setelah itu para Kadinkes Kabupaten/Kota harus menyerahkan fakta integritas ke Kementerian Kesehatan agar menggunakan sesuai peruntukan. Setelah keduanya beres, vaksin secepatnya akan digeser ke kabupaten-kota dan setelah sampai ke fasilitas kesehatan, harapan kami segera diberikan ke nakes,” kata Suyuti, Jumat (30/7).

Tidak semua nakes mendapatkan vaksin ketiga ini, karena berdasarkan petunjuk dari Kemenkes prioritaskan yang bertugas di fasilitas kesehatan. Begitu juga vaksin Moderna yang digunakan untuk vaksinasi ketiga ini merupakan keputusan pusat. Saat ini masih melakukan penghitungan berapa jumlahnya, angka pastinya belum tahu, masih ditunggu data kabupaten/kota/TNI/Polri.

Nantinya, vaksin Moderna ini akan didistribusikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sebanyak 1.420 vial dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangka Raya 20 vial. Sesuai instruksi Kemenkes, vaksin Moderna akan jadi vaksin tahap ketiga bagi tenaga medis dan nakes, sebagai cara meningkatkan kekebalan karena memiliki risiko tinggi tertular dalam penanganan Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Kalteng Nomor: 188.54/71/2021, 3 Juni 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kalteng. Pemerintah mendorong upaya percepatan vaksinasi di  Kalteng. Percepatan vaksin Kota Palangka Raya diharapkan jadi percontohan pelaksanaan vaksin bagi kabupaten di Kalteng.

“Seluruh stakeholder harus konsisten terhadap target harian dan mingguan, sehingga bulan Juli atau paling lambat minggu kedua Agustus 2021, target vaksin di Palangka Raya 70 persen bisa tercapai,” katanya. yml

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *