Ular Kobra Masuk Kompleks Perumahan

  • Bagikan
Petugas TRC dan Damkar mengamankan ular berbisa jenis kobra di komplek perumahan, Pulpis. YAKIN EFFENDI

PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Pulpis kembali menangkap seekora ular kobra yang masuk ke permukiman masyarakat. Beruntung tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pulpis Salahudin melalui Kepala Bidang (Kabid) Damkar BPBD Kabupaten Pulpis Marto M Tagap mengatakan, pihaknya menerima laporan pada Sabtu, 24 Juli 2021 pukul 17.53 WIB melalui informasi Adi Rahmadi, warga Kompleks Perum Permai atau Kompleks PT Multiraya Pajaray Blok A Nomor 08, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir.

“Warga bernama Bapak Adi Rahmadi melaporkan kepada kami, bahwa di rumahnya kemasukan ular kobra, maka kami langsung bergerak cepat menuju ke alamat dimaksud,” ujar Marto.

Sambung Marto, berdasarkan keterangan yang disampaikan warga, bahwa ia melihat seekor ular kobra berukuran sedang di belakang lemari kompor, dan saat pihaknya tiba di lokasi pada pukul 18.02 WIB, maka petugas langsung menemukan seekor ular jenis kobra berada di belakang lemari kompor.

“Atas dasar permintaan dari pihak pelapor, petugas pun mengambil dan mengamankan ular kobra tersebut di belakang lemari kompor,” ujar Marto.

Selama penanganan saat operasi, kata Marto, semua terkendali dan tidak ada kendala. Petugas dalam mengatasi binatang berbisa semua petugas telah dilengkapi peralatan dan logistik yang memadai.

“Ini yang ke sekian kalinya kita menangkap hewan berbisa, dan yang jelas hewan ini bisa muncul di saat musim penghujan dan sekitar lingkungan yang tergenang air, maka diharapkan agar masyarakat waspada terhadap binatang liar, terutama ular,” tambah Marto.

Munculnya ular ini, kata Marto, bisa saja melakukan mutasi, ataupun mengejar mangsa dan mencari perlindungan di sekitar permukiman. Pihaknya kembali mengimbau kepada masyarakat untuk membersihkan sekitar pekarangan rumah yang banyak rumput liar atau tempat-tempat lembab karena itu menjadi habitat ulat. Kalau memang menemukan ancaman segera melaporkan pada petugas untuk dilakukan penanganan. c-mye

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *