Vaksinasi Pelajar Dikebut

  • Bagikan
Suyuti Syamsul
Suyuti Syamsul

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus dikebut. Tidak hanya usia 18 tahun ke atas, kini sudah menyasar para pelajar SMP maupun SMA. Seremonial vaksinasi telah dilakukan beberapa waktu lalu dan akan serentak dilakukan masing-masing daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul menyampaikan, sejak pertama diluncurkan vaksinasi bagi siswa-siswi SMP, SMA, Sabtu (17/7), di Kota Palangka Raya, sampai sekarang sudah ratusan yang mendapatkan vaksin dosis pertama dan kini terus digalakkan sesuai dengan ketersediaan vaksin.

“Sudah 400-an lebih yang mendapatkan vaksinasi dari target 200 ribuan, saya tidak hafal pastinya berapa. Tetap akan kami kejar sampai mencapai jumlah sasaran. Kami harapkan akhir Oktober ini sudah beres, tapi tergantung vaksinnya ada atau tidak,” kata Suyuti, Jumat (23/7).

Kendati demikian, kecepatan vaksinasi tergantung dari ketersediaan vaksin. Meskipun jumlah vaksinatornya banyak, sasarannya banyak, namun vaksinasinya tidak ada, maka tidak bisa juga. Pengadaan vaksin dilakukan secara terpusat, tidak bisa dibeli semaunya daerah untuk memenuhi permintaan. Kalaupun dibolehkan beli, bukan barang yang bisa dibeli di pasar.

Jumlah vaksinator di Kalteng kurang lebih 20 ribu orang dan mampu vaksinasi sebanyak 30 ribu per hari. Asal ada vaksin. Sementara itu Dinkes Provinsi Kalteng hanya mengajukan ke pusat sesuai dengan jumlah permintaan, soal diberikan atau tidak itu keputusan dan kebijakan dari pusat.

Sementara itu, data stok vaksin di Dinkes Kalteng, dari 13 kabupaten 1 kota sampai Kamis (22/7), sebanyak 39. 310 dosis. Rinciannya, Kota Palangka Raya 14.560 dosis, Murung Raya 1.460 dosis, Barito Timur 2.140 dosis, Gunung Mas 870 dosis, Pulang Pisau 480 dosis, Katingan 2.110 dosis, Seruyan 1.730 dosis, Lamandau 1.570 dosis, Sukamara 1.410 dosis, Barito Utara 2170 dosis, Barito Selatan 1.790, Kapuas 1.920 dosis, Kotawaringin Timur 3.680 dosis dan Kotawaringin Barat 3.420 dosis. yml

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *